web analytics
  

Beasiswa Perintis Rumah Amal Salman Hantar 116 Siswa Jabar Masuk PTN

Sabtu, 10 Oktober 2020 21:00 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Beasiswa Perintis Rumah Amal Salman Hantar 116 Siswa Jabar Masuk PTN, yayasan rumah amal salman,ITB,UPI,Unpad,Beasiswa

Para penerima Beasiswa Perintis Rumah Amal Salman ITB 2019-2020. (Nur/Ayobandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Yayasan Rumah Amal Salman tahun ini berhasil meluluskan 116 dari total 156 peserta binaan program Beasiswa Perintis ke Perguruan Tinggi Negeri. Adapun Beasiswa Perintis adalah program pembinaan bagi siswa SLTA/sederajat dari kalangan dhuafa di Jawa Barat untuk dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi ternama.

Ketua Program Beasiswa Perintis Husnul Hayati mengatakan, ke-116 peserta binaan tersebut berhasil lolos ke PTN baik melalui jalur SNMPTN, UTBK/SBMPTN, serta berbagai seleksi mandiri. Sebanyak 89% peserta berhasil melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 11% sisanya ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

"Terdapat 21 PTN yang berhasil ditembus oleh para peserta Beasiswa Perintis, di antaranya ITB, UI, UGM, IPB, UNPAD, UPI, dan lainnya," ungkapnya dalam keterangan resminya, Sabtu (10/10/2020).

ITB menjadi kampus yang paling banyak ditembus para peserta Beasiswa Perintis tahun ini, yakni sebanyak 38 orang. Husnul menyebutkan, sebelum akhirnya diterima di PTN tujuan, para peserta telah mengikuti berbagai kegiatan pembinaan selama berbulan-bulan.

Pembinaan tersebut meliputi Learning Camp I, Pembinaan 2 Pekanan, Latihan Soal Harian, serta Learning Camp 2 yang dilakukan secara online. Berbeda dengan beasiswa lainnya yang hanya berfokus pada pendanaan setelah siswa diterima di kampus, beasiswa ini mematangkan para siswa untuk berhasil menembus kampus yang dituju.

Husnul mengatakan, program pembinaan yang bertepatan dengan kemunculan pandemi Covid-19 tahun ini memunculkan kendala tersendiri. Pasalnya, para pembina siswa harus meramu metode baru untuk dapat mengajar secara online.

“Kondisi pandemi membuat kami perlu mencari metode pembelajaran yang efektif bagi adik-adik terutama yang berada di daerah. Jaringan di daerah tidak begitu mendukung sistem pembelajaran secara online,” ungkapnya.

Di hari ini, para penerima Beasiswa Perintis 2020 juga mengikuti Opening Ceremony yang dihadiri para pejabat pemerintahan, pengurus yayasan Rumah Amal Salman, perwakilan kampus ITB hingga pihak donatur. Ketua Majelis Pembina Salman Prof. H. Hermawan Dipojono menyebut kehadiran beasiswa ini sangat penting untuk mendukung kemajuan bangsa dan negara.

"Apalagi di saat pandemi seperti ini, dimana banyak yang tiba-tiba harus kehilangan pekerjaannya, sehingga kesempatan melanjutkan pendidikan pun tertutup," ungkapnya.

"Ini (kepercayaan mendapat beasiswa) harus diperjuangkan hingga tuntas," tambahnya.

Editor: Arditya Pramono

artikel terkait

dewanpers