web analytics
  

Demi Kesehatan, Penderita Darah Tinggi Jangan Konsumsi 9 Hal Ini!

Kamis, 8 Oktober 2020 14:31 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Demi Kesehatan, Penderita Darah Tinggi Jangan Konsumsi 9 Hal Ini!, hipertensi,Darah Tinggi,cara mencegah hipertensi,cara mencegah darah tinggi

Sejumlah makanan lebih baik tidak dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penderita darah tinggi rentan terjangkit corona dengan gejala berat. Selain itu, penderita rentan terhadap serangan jantung. Namun, hal ini bisa dicegah dengan mengubah pola hidup.

Tekanan darah tinggi biasanya tidak memiliki gejala. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda menderitanya adalah dengan mendapatkan pemeriksaan tekanan darah rutin dari penyedia layanan kesehatan.

Karena itu, Ayobandung.com merangkum makanan apa saja yang dilarangan dikonsumsi penderita darah tinggi.

1. Garam atau natrium

Garam, atau khususnya natrium dalam garam, merupakan penyumbang utama tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Garam dapat memengaruhi keseimbangan cairan dalam darah.

2. Daging Deli

Deli olahan dan daging makan siang kerap dikemas dengan natrium. Hal itu karena produsen mengawetkan, membumbui, dan mengawetkan daging ini dengan garam.

3. Pizza beku

Kombinasi bahan-bahan dalam pizza beku berarti tinggi gula, lemak jenuh, dan natrium. Pizza beku memiliki kadar natrium yang sangat tinggi.

Sebagai gantinya, cobalah membuat pizza yang menyehatkan di rumah, menggunakan adonan buatan sendiri, keju rendah sodium, dan sayuran favorit Anda sebagai toping.

4. Acar

Mengawetkan makanan apa pun membutuhkan garam. Semakin lama sayuran berada dalam pengalengan, semakin banyak natrium yang diserap sayuran.

5. Sup kalengan

Sup kalengan mengandung banyak natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

6. Produk tomat kalengan

Kebanyakan saus tomat kalengan, saus pasta, dan jus tomat mengandung natrium tinggi.

7. Gula

Gula dapat meningkatkan tekanan darah dengan beberapa cara.
Penelitian menunjukkan bahwa gula, terutama minuman yang dimaniskan dengan gula, berkontribusi pada penambahan berat badan orang dewasa dan anak-anak. Kegemukan dan obesitas mempengaruhi orang untuk mengalami tekanan darah tinggi.

8. Makanan olahan dengan lemak trans atau lemak jenuh

Untuk menjaga kesehatan jantung, orang harus mengurangi lemak jenuh dan menghindari lemak trans. Hal ini terutama berlaku untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Lemak trans adalah lemak buatan yang meningkatkan umur simpan dan stabilitas makanan kemasan.

9. Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Jika memiliki tekanan darah tinggi, dokter mungkin menyarankan Anda mengurangi jumlah alkohol yang diminum. (Aufa Ahmad Fadil)

Sumber: Healthline
Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers