web analytics
  

Penderita Darah Tinggi Rentan Corona, Ini Makanan untuk Turunkan Tensi

Rabu, 7 Oktober 2020 12:30 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Penderita Darah Tinggi Rentan Corona, Ini Makanan untuk Turunkan Tensi, hipertensi,Darah Tinggi,Virus Corona,Cara Mencegah Virus Corona,makanan untuk penderita darah tinggi,cara menurunkan darah tinggi

Penderita rentan terjangkit corona dengan gejala berat. Namun, sejumlah makanan sehat bisa menurunkan tekanan darah, salah satunya jeruk. (Pixabay/S. Hermann & F. Richter)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Penderita penyakit kardiovaskular, misalnya penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi, umumnya memiliki kondisi jantung yang kurang baik dan sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah. Karena itu, mereka rentan terjangkit corona penyebab Covid-19 dengan gejala berat.

Namun, tekanan darah tinggi bisa dikelola dengan mengubah gaya hidup dan mengonsumsi makanan tertentu.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang berawal dari penyumbatan di titik tertentu di pembuluh darah. Obat-obatan seperti angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitors, adalah obat yang biasa digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Namun, bagaimanapun, perubahan pola hidup adalah hal terpenting jika mengidap hipertensi.

Perubahan pola makan dan juga jenis makanan yang dimakan bisa menambah optimal efek yang diberikan obat, sekaligus mencegah terjadinya penyakit lain. Banyak mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan adalah langkah yang harus diambil. Berikut beberapa makanan yang baik bagi penderita darah tinggi.

1. Buah-buah citrus

Buah-buah yang termasuk keluarga citrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk limau mempunyai efek yang kuat dalam menurunkan tekanan darah. Buah-buahan tersebut mengandung vitamin dan mineral yang menurunkan risiko terkena serangan jantung akibat darah tinggi.

2. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Lemak ikan adalah sumber terbaik untuk mendapatkan omega-3. Omega-3 mempunyai manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung. Lemak ikan mampu membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyempit pembuluh darah yang disebut oxylipin.

3. Swiss Chard

Swiss chard atau lobak swiss adalah sayuran berdaun hijau yang banyak mengandung nutrisi. Ada juga nutrisi untuk mengatur tekanan darah termasuk kalium dan magnesium. Satu cangkir (45 gram) lobak matang masing-masing memberikan 17% dan 30% kabutuhan kalium dan magnesium. Hal ini akan sangat berpengaruh untuk terhadap kesehatan jantung.

4. Biji Labu

Biji labu mungkin terlihat remeh, tetapi mereka mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh. Biji labu mengandung banyak nutrisi untuk mengontrol tekanan darah seperti magnesium, potassium, arginine, dan asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi nitric oxide, yang mana itu sangat penting untuk relaksasi pembuluh darah dan juga menurunkan tekanan darah.

5. Kacang-kacangan

Kacang kacangan juga sangat kaya akan nutrisi untuk mengatur tekanan darah seperti serat, magnesium, dan potassium. Banyak studi menunjukkan bahwa memakan kacang-kacangan dapat membantu menurunkan level tekanan darah.

Masih banyak lagi makanan sehat yang danjurkan untuk menurunkan tekanan darah seperti beri, pistasio, dan lain-lain. Perubahan pola hidup merupakan sebuah keharusan bagi siapapun yang mengidap tekanan darah tinggi. Dan dengan memakan makanan yang sehat akan membantu tubuh kita untuk tetap sehat dan bugar. (Haidar Arrahman)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers