web analytics
  

Bersyukur, KPP Pratama Sumedang Lebih Dekat

Selasa, 6 Oktober 2020 12:20 WIB Netizen Zarah Saferawati
Netizen, Bersyukur, KPP Pratama Sumedang Lebih Dekat, KPP Pratama Sumedang,DJP Jawa Barat,pajak,kantor pajak

KPP Pratama Sumedang. (Istimewa)

Zarah Saferawati

Pegawai Direktorat Jenderal Pajak

AYOBANDUNG.COM -- Sebuah bangunan megah berpilar besar dan kokoh berdiri gagah di kaki Gunung Geulis, Sumedang. Desain arsitekturnya yang bergaya renaissance itu tampak unik dan menarik. Tak heran, bangunan ini sempat viral beberapa waktu lalu di jagat twitter. 

Siapa yang menyangka, salah satu bangunan ikonik di daerah Jatinangor itu kini menjadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang.

Selama lebih dari 12 tahun, KPP Pratama Sumedang  berlokasi satu gedung dengan KPP Pratama Bandung Karees di Jalan Ibrahim Adjie No. 372 Bandung.

Perpindahan lokasi kantor ke Sumedang yang sudah direncanakan sejak lama itu akhirnya terwujud. Kebahagiaan dan rasa syukur keluarga besar KPP Pratama Sumedang menempati gedung di lokasi baru terpancar saat peresmian KPP Pratama Sumedang, Selasa, 9 Juni 2020. 

Peresmian gedung yang berlokasi di Jalan Kol. Ahmad Syam No.69 Jatiangor, Sumedang itu dilaksanakan dalam suasana berbeda sesuai dengan protokol kesehatan dan mengadaptasi kebiasan baru.

Acara yang bertajuk "New Normal, New Office, New Spirit" itu dihadiri oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Neilmaldrin Noor, dan disiarkan secara langsung melalui Zoom Meeting dan Instagram Live @pajaksumedang.

"Agar dapat diikuti oleh seluruh pegawai dan wajib pajak secara virtual," ungkap Kepala KPP Pratama Sumedang, Roos I. Yulinapatrianingsih dalam sambutannya.

Roos tak lupa mengungkap syukur ke hadirat Allah SWT. Meski dalam suasana pandemi, perpindahan kantornya berjalan lancar. Ia berujar, kelancaran itu berkat dukungan dan gotong royong seluruh pegawai dan berbagai pihak.  

“Alhamdulillah, akhirnya kantor kami bisa berlokasi sesuai wilayah kerja kami di Kab. Sumedang. Ini merupakan upaya KPP Pratama Sumedang untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Tujuannya agar pelayanan dan kinerja kami di masa depan menjadi lebih baik lagi,” ujar Roos. 

Lebih Dekat

Perpindahan lokasi KPP Pratama Sumedang ke lokasi barunya ini disambut antusias oleh para Wajib Pajak. Salah satu wajib pajak, Imas Sri Andini menuturkan, lokasi baru ini menurutnya lebih mudah dijangkau. 

"Alhamdulillah lebih dekat, jadi tidak perlu jauh-jauh ke Bandung lagi, macet di jalannya," ujar wanita yang berdomisili di Tanjungsari itu saat ditemui di Tempat Pelayanan Terpadu KPP Pratama Sumedang, Senin (14/09/2020) lalu.

Menurut Imas, dia biasanya harus menempuh dua jam perjalanan atau lebih agar bisa sampai ke kantor yang dulu (di Bandung). 

Meskipun beberapa pelayanan perpajakan sudah tersedia secara online, beberapa Wajib Pajak tetap memilih datang untuk dapat berkonsultasi langsung dengan petugas.

“Saya tidak takut ke kantor pajak, merasa aman saja karena disediakan tempat cuci tangan, harus pakai masker, dan dicek suhu tubuh. (Kunjungan) ini juga karena harus berkonsultasi," ujar Imas lagi. 

Sarana dan Kinerja

Selain memangkas waktu tempuh, gedung baru KPP Pratama Sumedang dilengkapi fasilitas dan sarana yang lebih mendukung pelayanan dengan mengutamakan protokol kesehatan. 

Roos menjelaskan, semangat baru keluarga besar KPP Pratama Sumedang “new normal, new office, new spirit” diterapkan dalam suasana kerja untuk mencapai setiap tugas yang diamanahkan. 

Tak hanya bagi wajib pajak, guna mendukung kinerja pegawai, sarana yang dibutuhkan pegawai disediakan. Hadirnya ruang closing, ruang rapat, dan aula pun kini memudahkan pegawai bekerja lebih optimal. 

"Semua ruangan kantor dibuat lebih representatif bagi kegiatan pegawai," ungkap Roos.

Sejak menempati lokasi baru sekitar dua bulan lalu, kinerja positif mulai ditorehkan. Dari sisi kepatuhan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan, misalnya. KPP Pratama Sumedang mencatat kenaikan jumlah wajib pajak yang menyampaikan SPT tahunan. 

Jika dalam seminggu terakhir Agustus 2020 (28 Agustus 2020), jumlah wajib pajak yang menyampaikan SPT Tahunan sekitar 616 SPT saja dan minggu pertama September 2020 naik menjadi sekitar 809 SPT, maka dalam minggu ini (12 September 2020) bertambah sekitar 1.319 SPT. 

"Sehingga total SPT Tahunan yang sudah dilaporkan menjadi 43.639 SPT atau sekitar 84,5% dari target kami," ujarnya. 

Di sisi penerimaan pajak, Roos menyampaikan secara nasional mengalami kontraksi yang cukup dalam akibat dampak pandemi Covid-19 ini. 

Meski begitu, sampai dengan Agustus KPP Pratama Sumedang berhasil mempertahankan pertumbuhan realisasi penerimaan netto menjadi negatif 2,21% dibandingkan realisasi penerimaan tahun sebelumnya (YoY), atau sekitar Rp390 miliar.

"Berikhtiar, berdoa, dan bersyukur. Kiranya tak ada lagi kata selain itu yang dapat merangkum semangat kami, keluarga besar KPP Pratama Sumedang dan para Wajib Pajak, di tengah situasi pandemi ini, dalam meraih target penerimaan negara," kata Roos.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh

terbaru

Kapan Mulai Ada dan Hilangnya Balong Gedé?

Netizen Jumat, 23 April 2021 | 19:38 WIB

Ternyata balong gedé itu memang luas dan hampir seukuran lapangan bola.

Netizen, Kapan Mulai Ada dan Hilangnya Balong Gedé?, Balong Gedé,cekungan bandung,Alun-alun Kota Bandung,Bandoeng/Topographisch Bureau,Bandoeng en omstreken/Topographische Inrichting,Bandoeng-Zuid,Kelurahan Balonggedé

Semangat Literasi Seorang Kartini

Netizen Jumat, 23 April 2021 | 09:31 WIB

RA Kartini yang bernama lengkap Raden Adjeng Kartini Djojo Adhiningrat  lahir di Jepara Jawa Tengah pada tanggal 21 Apri...

Netizen, Semangat Literasi Seorang Kartini , Perayaan Hari Kartini,Kartini,habislah gelap terbitlah terang

Menyikapi Secara Proporsional Pidato Biden

Netizen Kamis, 22 April 2021 | 17:50 WIB

Isi pidato Presiden Joe Biden dalam menyambut bulan Ramadan sangat berbeda dengan kebijaksanaan pendahulunya.

Netizen, Menyikapi Secara Proporsional Pidato Biden, presiden amerika serikat,Joe Biden,Donald Trump,Ramadan,Puasa,Muslim

Buku Percakapan Sunda-Belanda

Netizen Rabu, 21 April 2021 | 13:25 WIB

K.F. Holle berharap buku tersebut menjadi semacam wahana untuk mempelajari bahasa Sunda.

Netizen, Buku Percakapan Sunda-Belanda, Buku Percakapan Sunda-Belanda,Raden Kartawinata,K.F. Holle,Literasi,Bahasa,Bahasa Sunda,Bahasa Belanda,Sunda,Belanda

Menilik Tradisi Tahlilan dari Perspektif Sosiologis

Netizen Selasa, 20 April 2021 | 14:23 WIB

Tahlil berasal dari kata hallala-yuhallilu, yang artinya membaca kalimat "laailaaha illallah".

Netizen, Menilik Tradisi Tahlilan dari Perspektif Sosiologis, Tradisi Tahlilan,Tradisi,Tahlilan,Nahdhatul Ulama

Momen Ramadan Semasa Kecil yang Selalu Dirindukan Generasi Z

Netizen Selasa, 20 April 2021 | 13:12 WIB

Hadir satu kali dalam setiap tahun, kedatangan bulan Ramadan selalu ditunggu oleh umat Muslim.

Netizen, Momen Ramadan Semasa Kecil yang Selalu Dirindukan Generasi Z, Ramadan,Muslim,generasi z

Menikah Bukan Kompetisi Ibadah

Netizen Selasa, 20 April 2021 | 11:42 WIB

Menikah merupakan ibadah terlama yang akan dijalan oleh dua insan. Jadi, persiapkan dengan baik.

Netizen, Menikah Bukan Kompetisi Ibadah, Menikah,Islam,Anjuran Menikah,Menikah menurut empat ulama mazhab,Alasan Utama Menikah,Ibadah

Daftar Terbaru Badan / Lembaga Penerima Zakat yang Diakui Ditjen Pajak

Netizen Senin, 19 April 2021 | 19:02 WIB

Direktorat Jenderal Pajak telah menetapkan Badan/Lembaga sebagai penerima zakat atau sumbangan keagamaan yang sifatnya w...

Netizen, Daftar Terbaru Badan / Lembaga Penerima Zakat yang Diakui Ditjen Pajak, Ditjen Pajak,Lembaga Penerima Zakat,Badan Penerima Zakat,Penitipan Zakat

artikel terkait

dewanpers