web analytics
  

Positif Covid-19, Trump Tinggalkan Rumah Sakit

Selasa, 6 Oktober 2020 06:33 WIB Republika.co.id
Umum - Internasional, Positif Covid-19, Trump Tinggalkan Rumah Sakit, Donald Trump positif Covid-19,Trump positif Corona,Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump. (Instagram/@realdonaldtrump)

WASHINGTON, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan akan meninggalkan rumah sakit dan kembali ke Gedung Putih pada Senin (5/10/2020) waktu setempat. Trump saat ini sedang dirawat di rumah sakit militer di luar Washington setelah positif Covid-19.

“Saya akan meninggalkan Pusat Medis Walter Reed hari ini pada pukul 18.30. Merasa sangat baik! Jangan takut dengan Covid. Jangan biarkan hal itu mendominasi hidup Anda. Kami telah mengembangkan, di bawah Pemerintahan Trump, beberapa obat dan pengetahuan yang sangat hebat. Saya merasa lebih baik daripada 20 tahun lalu!" katanya di Twitter.

Tim medis menyatakan pria berusia 74 tahun ini tidak mengalami demam lebih dari 72 jam dan kadar oksigennya normal. Presiden telah menerima oksigen dua kali dalam beberapa hari terakhir.

"Dia mungkin belum sepenuhnya keluar dari masalah," ujar dokter Gedung Putih, Sean. P. Conley.

Conley mengatakan, meski belum sepenuhnya aman, presiden akan dikelilingi oleh perawatan medis kelas dunia sepanjang waktu di Gedung Putih. Para dokter saat ini berada di wilayah yang belum dipetakan karena Trump telah menerima terapi tertentu di awal perjalanan penyakitnya.

Tim medis Trump mengatakan dia tidak menekan dokter yang merawatnya. Bahkan ketika dipulangkan, Trump perlu melanjutkan pengobatan karena dia masih menjalani pengobatan antivirus intravena, remdesivir, selama lima hari dan harus mengisolasi dirinya sendiri untuk jangka waktu tertentu.

Status Trump positif Covid-19 di Twitter. (Twitter/@realdonaldtrump)

Tingkat keparahan penyakit Trump telah menjadi subjek spekulasi yang intens dalam tiga hari terakhir. Beberapa ahli medis mencatat bahwa sebagai pria tua yang kelebihan berat badan, dia berada dalam kategori yang lebih mungkin untuk mengembangkan komplikasi parah atau meninggal karena penyakit tersebut.

Dokter juga telah merawatnya dengan steroid, deksametason, yang biasanya digunakan hanya pada kasus yang paling parah.

Trump sering meremehkan ancaman pandemi, yang telah menginfeksi 7,4 juta orang di AS dan menewaskan lebih dari 209 ribu jiwa. Dalam beberapa hari terakhir, dia merilis serangkaian video untuk meyakinkan publik bahwa dia pulih dari Covid-19.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers