web analytics
  

Klaster Kantor di Bogor Berpotensi Besar Sebar Corona ke Keluarga

Senin, 5 Oktober 2020 20:26 WIB Husnul Khatimah
Umum - Regional, Klaster Kantor di Bogor Berpotensi Besar Sebar Corona ke Keluarga, Berita Bogor,Corona Bogor,Covid-19 Kota Bogor,Wali Kota Bogor Bima Arya,klaster keluarga,klaster perkantoran

Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan). (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan saat ini perkantoran menjadi klaster sebaran Covid-19 paling berbahaya di Kota Bogor.

"Saat ini paling berbahaya adalah klaster perkantoran," ujar Bima Arya saat konfrensi pers update penanganan Covid-19 Kota Bogor, Senin (5/10/2020).

Bima mengataka  ,klaster perkantoran paling berbahaya sebab data yang dimiliki Satgas Covid-19 Kota Bogor menunjukkan bahwa klaster ini kemudian menjadi faktor penyebab tingginya sebaran Covid-19 pada klaster keluarga.

"Klaster keluarga itu ada 118 dari total 179 kasus positif, jadi klaster pertama (tertinggi) ada keluarga, kedua perkantoran. Tapi ketika klaster keluarga itu dibedah (ditracing) komposisi terbesar itu berasal dari tempat kerja atau perkantoran dan luar kota, jadi keluarga tertular dari tempat kerja," jelas Bima.

Menurut Bima, klaster perkantoran juga berbahaya sebab karyawan kantor menghabiskan waktu yang lama dalam sebuah ruangan bersama dengan rekan-rekannya.

"Kantor ruangannya tertutup, (karyawan) bersama-sama dari pagi sampai sore atau malam, lepas masker dan sebagainya dan kantin perkantoran juga bisa jadi sumber penularan di kantor," katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya akan memperketat protokol kesehatan di perkantoran.

"Kami imbau seluruh warga Bogor yang bekerja di kantor kita pastikan WFH 50% agar ditaati, dibatasi rapat dalam ruangan, diperhatikan ventilasinya, sebaiknya bawa makan dari rumah sehingga tak berkumpul di kantin atau beli makanan di tempat lain," kata Bima.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers