web analytics
  

Keterisian Rumah Sakit Covid-19 di Jabar Terus Meningkat

Senin, 5 Oktober 2020 17:54 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, Keterisian Rumah Sakit Covid-19 di Jabar Terus Meningkat, Rumah Sakit Covid-19,Rumah sakit Covid-19 Jabar,Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS)

Ilustrasi rumah sakit. (Sungmin Cho/Pixabay )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tingkat keterisian atau okupansi rumah sakit-rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Barat terus bertambah.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan minggu ini tingkat okupansi rata-rata telah mendekati batas maksimal yang ditetapkan WHO.

"Angka okupansi rumah sakit kurang baik raport-nya, hampir mendekati 58 persen," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Senin (5/10/2020).

Ia mengatakan, WHO menetapkan ambang batas maksimal okupansi sebuah rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19 sebesar 60%. Hal tersebut menunjukan bahwa masih ada 40% cadangan ruangan untuk merawat pasien Covid-19 bila terus bertambah.

"Standar WHO 60% sebagai batas cadangan yang masih aman," jelasnya.

Untuk itu, ia mengatakan, pihaknya tengah berusaha untuk menambah jumlah ruang ICU di rumah sakit-rumah sakit rujukan Covid-19. Terutama di daerah dengan angka sebaran Covid-19 yang tinggi, seperti Kota Depok.

"Oleh karena itu di Depok kita tambahi

40 ruang ICU dengan perlatan canggih dan mahal. Ini bagian dari peningkatan presentase (ketersediaan) ruang-ruang kesehatan," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengatakan akan terus meningkatkan kapasitas pengetesan PCR hingga sesuai dengan jumlah yang disarankan WHO. Hingga saat ini, telah ada 426 ribu pengetesan PCR yang dilakukan di Jabar.

"Pengetesan PCR sudah 426 ribu. Ada kenaikan dalam 1 minggu ini, mendekati stadar WHO. Kami berharap minggu depan sudah tercapai pengetesan sebanyak 1% dari  jumlah penduduk," ungkapnya.

Daftar RS Rujukan di Jabar 
Per tanggal 10 Maret 2020, pemerintah telah menetapkan 132 RS rujukan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 169 Tahun 2020 tentang Penetapan RS Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu.

Dalam keputusan tersebut terdapat delapan rumah sakit yang berada di kawasan Jabar, yaitu:
1. RSUP dr. Hasan Sadikin
2. RS Paru Dr. H. A. Rotinsulu
3. RS Paru dr. M. Goenawan Partowidigdo
4. RSUD Gunung Jati Cirebon
5. RSUD R. Syamsudin, SH Sukabumi
6. RSUD dr. Slamet Garut
7. RSUD Kab. Indramayu
8. RSU Tk. II Dustira
    


 

Editor: Andres Fatubun
dewanpers