web analytics
  

Bandung Zona Merah, Lebih Efektif Hand Sanitizer Gel atau Spray?

Senin, 5 Oktober 2020 17:21 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Bandung Zona Merah, Lebih Efektif Hand Sanitizer Gel atau Spray?, Kota Bandung Zona Merah,Zona Merah Covid-19,zona merah,Virus Corona,cara menggunakan hand sanitizer yang benar,menggunakan hand sanitizer

Bandung zona merah, mari ketahui, mana yang lebih efektif dari hand sanitizer gel atau spray? (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan Bandung zona merah corona, Senin (5/10/2020). Selain Kota Bandung, 4 daerah lainnya, yakni Kabupaten Bandung Barat, Kota Bogor, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi pun masuk zona merah.

"Ada 5 zona merah yang harus diwaspadai termasuk Kota Bandung, ibu kota Jawa Barat," kata Ridwan Kamil, dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring, Senin (5/10/2020).

Demi mengurangi risiko tertular virus corona, sejumlah pencegahan bisa dilakukan masyarakat. Salah satunya menggunakan hand sanitizer saat bepergian ke tempat yang sulit untuk cuci tangan menggunakan air mengalir.

Terdapat berbagai jenis hand sanitizer, dan yang paling banyak digunakan umumnya berjenis gel dan spray. Lantas, hand sanitizer mana yang lebih efektif?

Dilansir Clean Link yang mewawancarai beberapa produsen produk antiseptik, semua bentuk pembersih tangan jika mengandung antara 60% hingga 95% alkohol masih berpotensi efektif dalam membunuh kuman.

"Semua jenis pembersih efektif, tetapi beberapa lebih mudah digunakan dan lebih nyaman daripada yang lain," kata seorang wakil presiden pemasaran di Kutol Products Company, Bob Bernet.

Hal ini juga dibenarkan seorang Associate Brand Manager di Henkel Consumer Goods, Inc, Ronald Lewis. Menurutnya, gel mudah digunakan dan biasanya merupakan opsi yang paling murah.

"Pembersih tangan semprot mungkin agak boros, karena mungkin akan melewatkan beberapa bagian di tangan atau menguap di udara," ujar Lewis.

Sementara itu, kepala pemasaran di STOKO Skin Care, Lori Huffman, antiseptik berbentuk gel memberikan cakupan terbaik dan terlengkap untuk kulit.

"(Orang) dapat menggunakannya sesuai dosis dan dapat diaplikasikan secara mudah di telapak tangan sampai Anda menggosok tangan dan meratakan pembersih ke semua bagian tangan Anda." katanya.

Intinya, hal yang harus diperhatikan adalah bahwa cairan antiseptik yang Anda gunakan mengandung alkohol. Biasanya alkohol ini juga mengandung isopropil alkohol, etanol (etil alkohol) atau n-propanol.

Namun, pakar kesehatan masih menekankan bahwa mencuci tangan menggunakan sabun merupakan cara terbaik menghilangkan kuman, terutama virus corona penyebab Covid-19.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers