web analytics
  

Luizinho Passos Ikut Sesalkan Penundaan Lanjutan Liga 1 2020

Senin, 5 Oktober 2020 16:44 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Luizinho Passos Ikut Sesalkan Penundaan Lanjutan Liga 1 2020, Luizinho Passos,Pertandingan Liga 1 Ditunda,Luizinho Passos cedera,Persib Bandung

Pelatih kiper Persib Bandung Luizinho Passos menyesalkan penundaan lanjutan Liga 1 2020. (instagram/luiziinhopassos_goalk)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih kiper Persib Bandung Luizinho Passos menyesalkan penundaan lanjutan Liga 1 2020. Kick Off lanjutan kompetisi yang awalnya bergulir 1 Oktober terpaksa ditangguhkan usai PSSI tak mendapatkan izin Polri untuk kembali mengelar perhelatan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Tanah Air itu.

Passos menilai, penangguhan Liga 1 2020 secara mendadak menjadi pukulan bagi para pelaku di Industri sepak bola Tanah Air. Apalagi tim peserta Liga telah jauh-jauh hari menyiapkan diri untuk menyambut bergulirnya kompetisi.

Dengan penundaan ini, Passos menilai, banyak klub peserta menanggung kerugian besar. Beberapa klub di luar pulau Jawa konon sudah sampai ke markas sementara mereka untuk menyambut lanjutan Liga.

"Saya tidak berpikiran itu adalah hal yang positif untuk membatalkan karena kami sudah mempersiapkan tim untuk bermain di kompetisi," kata Passos melalui sambungan telepon, Senin (5/10/2020).

Pelatih kiper asal Brasil itu mengakui, timnya tak bisa berbuat banyak usai PSSI dan PT LIB kembali menangguhkan Liga 1 2020. Padahal sebelum penundaan lanjutan Liga diumumkan secara resmi, Persib tengah bersiap menghadapi PSM Makassar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (4/10/2020). 

Dengan kondisi ini, mau tak mau tim pelatih Persib harus putar otak untuk menyiapkan beberapa opsi untuk mengantisipasi penundaan lanjutan Liga 1.

"Saat ini kami harus membuat rencana baru dan ini membuat mental para atlet menjadi stres," katanya.

Di sisi lain, eks pelatih kiper Borneo FC itu memahami alasan yang membuat Liga 1 tak mendapat izin kepolisian. Apalagi angka penularan covid-19 di Indonesia yang masih tinggi. 

Meski begitu, Passos menilai Liga 1 masih memiliki peluang untuk digulirkan kembali. Hanya saja, lanjut dia, penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat menjadi syarat wajib bagi seluruh pihak.

Passos mencontohkan beberapa kompetisi sepak bola di luar negeri tetap bisa digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun bila tak memungkinkan, dia tetap menerima segala keputusan untuk nasib lanjutan Liga 1 2020. Passos hanya berharap ada putusan terbaik untuk nasib lanjutan Liga 1 2020.

"Hari ini kami harus bisa beradaptasi dengan masalah Covid-19, seluruh liga di dunia sudah dilanjutkan dengan protokol yang sudah dibuat," ujarnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers