web analytics
  

4 Kue Balok Enak dan Favorit di Bandung

Senin, 5 Oktober 2020 13:57 WIB Fira Nursyabani
Gaya Hidup - Kuliner, 4 Kue Balok Enak dan Favorit di Bandung, Kue Balok Mang Salam,Kue Balok Kang Didin,Kue Balok Brownies Mahkota,Kue Balok Cihapit,Kue Balok Bandung,Kue Balok enak Bandung, kuliner bandung

Kue Balok Mang Salam. (dok. Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kue balok konon sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Katanya, mengonsumsi satu atau dua potong kue saja sudah bikin perut kenyang lantaran adonannya yang manis, padat, dan berkalori tinggi. Sangat cocok untuk dikonsumsi para pekerja kala itu.

Di tatar Sunda, entah “ulah” siapa pula, kue balok ini punya istilah sendiri. Disebutnya kue jibeuh alias hiji oge sebeuh (satu saja sudah kenyang).

Berikut Ayobandung.com rangkum rekomendasi 4 kue balok enak dan favorit di Bandung:

1. Kue Balok Kang Didin

Kue balok setengah matang ala Kang Didin banyak digandrungi kawula muda Bandung. Sebab, selain harganya yang murah, kue balok ini juga bisa bikin ketagihan mereka yang mencobanya.

Kedai yang telah dipegang oleh tiga generasi ini amat memperlihatkan jam terbangnya. Takaran api yang pas, menjadi kunci mengapa rekahan terigu kue balok satu ini begitu menggiurkan.

Kue Balok Kang Didin (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

Dengan ukuran sekira 6 x 3 cm, kue balok Kang Didin ini memang lebih mungkil dari yang biasanya kita temui. Tapi panggangan yang pas berpadu rasa yang tak begitu giung (manis sekali) membuat siapa pun doyan menyantap kue yang disebut sebagai djadjanan tempo doeloe ini.

Kedai Kue Balok Kang Didin ini berlokasi di Jalan Abdurachman Saleh, Bandung. Terdapat dua tempat kue balok milik Kang Didin di jalan ini. Yang satu berada di seberang Bimbingan Belajar Neutron dan satu lagi di depan Bimbingan Belajar Neutron.

 

2. Kue Balok Brownies Mahkota

Ada satu lagi kue balok di Bandung yang punya kreasi anyar. Namanya Kue Balok Brownies Mahkota. Selain dikemas dalam dus dan kemasan, kue balok ini punya cita rasa berbeda dari kue balok sebelumnya.

Kue Balok Brownies Mahkota. (dok. Ayobandung.com)

Pemilik Kue Balok Brownies Mahkota, Jefika Rusiana (28), mengaku adonan kue balok ini dicampur dengan adonan brownies.

Jefika menjual kue balok brownies di dalam kardus isi 10 buah. Kue Balok Brownies Mahkota ini dapat dipesan melalui Instagram @kuebalok_brownies_mahkota atau langsung datang ke lokasi di Jalan Sabang 27.

 

3. Kue Balok Cihapit

Kue Balok Cihapit berada di samping jalan seberang pintu masuk Pasar Cihapit. Layaknya warung tenda, Alwi (45) orang di balik nikmatnya kue tersebut sudah belasan tahun membakar adonan di atas arang.

Sejak kue baloknya naik daun gara-gara sinetron Preman Pensiun yang menjadikan Bandung sebagai latar tempatnya, Alwi kebanjiran pesanan. Bukan hanya pemain sinetron Preman Pensiunnya saja, beberapa artis ibu kota pun bertandang ke Bandung demi kue baloknya.

Memang, Alwi mengakui kue baloknya sudah tren sejak dibuka pada 2007 sampai 2008. Lalu naik daun lagi pada 2016- 2017.

Kue Balok Cihapit. (dok. Ayobandung.com)

Kue Balok Cihapit memang tidak mengembang karena api dari gas. Tetapi di bawah tungkunya ada bara api dari arang. Uniknya di atas cetakan pun tidak begitu saja ditutup. Penutupnya bisa membawa bongkahan arang yang terus dibolak-balik oleh Alwi supaya adonannya cepat mengembang.

Alasannya tidak membakar adonan memakai gas karena wanginya tentu jauh beda. Ia mengaku, jika menggunakan gas biasanya wangi kuenya pun ada bekas wangi bara api dari kompor gas.

Kue Balok Cihapit ini terasa renyah saat dimakan, apalagi ketika baru diangkat. Tidak bikin berat saat dikunyah dan ditelan. Rasanya yang ringan dan aromanya yang khas mampu membuat anda ingin membelinya berkali-kali.

Cocok dimakan saat sarapan pagi ditemani segelas kopi, atau sore hari sambil bercanda bersama keluarga di rumah. 

 

4. Kue Balok Mang Salam

Kue Balok Mang Salam yang terletak di Bundaran Cibiru, Bandung timur, menawarkan varian rasa kekinian seperti taro, green tea, oreo, tiramisu, ovomaltine, dan lainnya. Minumnya pun sangat beragam mulai dari kopi hingga minuman tradisional pun tersedia. 

Kue Balok Mang Salam. (dok. Ayobandung.com)

Untuk kue baloknya sendiri bisa anda nikmati mulai dengan harga Rp4.500 per satuannya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers