web analytics
  

Inklusi Keuangan bank bjb Dorong Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren

Senin, 5 Oktober 2020 13:12 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Inklusi Keuangan bank bjb Dorong Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren, Literasi keuangan,bank bjb,Soreang

Bank bjb mendorong literasi dan inklusi keuangan di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, (bjb)

BANDUNGbank bjb terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong penetrasi literasi dan inklusi keuangan kepada berbagai lapisan dan kelompok masyarakat, tak terkecuali para warga pesantren yang diorientasikan menjadi agen-agen perubahan dan penggerak masyarakat.

Hal tersebut diwujudkan di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Sabtu (3/10/2020), bank bjb turut serta dalam mengimplementasikan program keuangan inklusif dan keuangan syariah di pondok pesantren yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Perekonomian.

Kegiatan yang merupakan bagian dari upaya pemberdayaan ekonomi di pondok pesantren ini dihadiri oleh Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi, Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Soreang Jadi Kusmaryadi, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ittifaq Fuad Afandi, Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq, Buya Syakur Yasin, dan Perwakilan PT Telkom.

"Langkah ini merupakan cerminan dari dorongan penuh yang diberikan bank bjb kepada berbagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pengembangan ekonomi berbasis pesantren merupakan hal penting karena pesantren merupakan lembaga yang sering dijadikan role model dan memiliki pengaruh luar biasa bagi masyarakat di sekitarnya. Langkah-langkah untuk mengembangkan ekonomi yang dilakukan di pondok pesantren, akan memberi dampak turunan yang luas sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Sebagai bagian dari upaya implementasi inklusi keuangan, bank bjb melakukan penandatanganan MoU dengan pondok pesantren Al-Ittifaq tentang jasa layanan keuangan serta pemberdayaan pelaku usaha bagi pondok pesantren dan masyarakat melalui program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) bank bjb.

Selain itu, bank bjb juga menyalurkan fasilitas pembiayaan tanpa agunan berupa Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) kepada petani stroberi di Pasirjambu Asep Supriatna, serta penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pedagang sayuran atas nama Arindi Sulistyani.

Langkah kerja sama dan pembiayaan ini selaras dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan merupakan upaya implementasi inklusi keuangan bank bjb sebagai salah satu strategi untuk mendorong pemberdayaan ekonomi di pondok pesantren.

Dorongan ini konsisten diberikan bank bjb melalui program kolaborasi untuk seluruh kelompok masyarakat seperti One Pesantren One Product (OPOP), One Village One Company (OVOC), Desa Digital, hingga Pesantren Juara yang saling terintegrasi satu sama lain.

Penetrasi inklusi keuangan juga konsisten dilakukan melalui agen bjb BiSA Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Laku Pandai) yang memberdayakan masyarakat hingga pelosok daerah guna memastikan ketersediaan layanan bank bjb agar dapat dijangkau oleh seluas-luasnya khalayak.

Bersisian dengan itu, bank bjb juga terus meningkatkan kualitas layanan perbankan melalui pengadopsian teknologi terkini dalam rupa Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk menunjang kemudahan bertransaksi sekaligus mendorong upaya transformasi menuju cashless society. Teknologi QRIS ini merupakan fitur untuk melakukan pembayaran yang dapat digunakan dalam layanan uang elektronik bjb DigiCash.

Langkah ini turut diperkuat oleh keterlibatan aktif perusahaan dalam melakukan intervensi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan, termasuk dengan penyaluran bantuan untuk perbaikan-perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu), ataupun bantuan-bantuan sarana dan prasarana lainnya untuk membantu masyarakat golongan rentan.

Selaras dengan langkah-langkah inovasi dan kolaborasi program, bank bjb juga memberikan dorongan melalui kesempatan kemitraan kepada masyarakat yang bergelut di dunia usaha.

Kemitraan tersebut dapat dilakukan melalui pemanfaatan berbagai fasilitas pembiayaan yang didesain untuk memudahkan pelaku usaha mikro.

Sejumlah produk pembiayaan itu antara lain Kredit Mesra, Kredit Mikro Utama, Kredit Usaha Kecil Menengah, Kredit Cinta Rakyat, Kredit Usaha Rakyat, dan Skema Subsidi Resi Gudang.

Berbagai jenis kredit ini direkomendasikan untuk dimanfaatkan para pelaku usaha pesantren sesuai dengan kondisi dan kebutuhan usaha mereka.

Beragam bentuk sokongan yang disediakan perseroan ini diharapkan mampu menguatkan itikad dan motivasi, khususnya bagi anak-anak muda untuk mengembangkan usaha, khususnya di bidang pertanian dan peternakan di desa-desa yang terbilang cukup menjanjikan. Buktinya, sektor pertanian dan peternakan ini menjadi sektor-sektor yang terbilang tangguh dalam menghadapi guncangan akibat krisis pandemi COVID-19.

Dengan dorongan pemberdayaan dan permodalan yang kuat, hal tersebut akan mempermudah upaya pengembangan produktivitas dan skala usaha yang sekaligus dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan.

Editor: Andres Fatubun

terbaru

Food Bank PKB Kabupaten Bandung, Borong Makanan untuk Dibagikan

Soreang Jumat, 23 April 2021 | 21:33 WIB

Gerakan food bank yang dilakukan DPC PKB Kabupaten Bandung yakni memborong makanan dari sejumlah UMKM kuliner.

Bandung Raya - Soreang, Food Bank PKB Kabupaten Bandung, Borong Makanan untuk Dibagikan, Food Bank,Kabupaten Bandung,DPC PKB Kabupaten Bandung,Dadang Supriatna

Jual Produk Tercemar Banjir, Pelaku Untung Rp40 Juta Per Hari

Soreang Jumat, 23 April 2021 | 19:55 WIB

Produk itu tidak boleh diperjualbelikan, karena tidak memenuhi syarat keamanan dan standar mutu konsumen.

Bandung Raya - Soreang, Jual Produk Tercemar Banjir, Pelaku Untung Rp40 Juta Per Hari, Jual Produk Tercemar Banjir,Kompleks Pergudangan PT INTI,Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A. Chaniago,produk cacat,minimarket,Kecamatan Dayeuhkolot,Kabupaten Bandung,standar mutu konsumen

Ditreskrimsus Polda Jabar Ungkap Praktik Penjualan Produk Tak Layak Ko...

Soreang Jumat, 23 April 2021 | 19:30 WIB

Praktik penjualan itu mulai berlangsung pada sekitar pertengahan bulan April.

Bandung Raya - Soreang, Ditreskrimsus Polda Jabar Ungkap Praktik Penjualan Produk Tak Layak Konsumsi, Ditreskrimsus Polda Jabar,Praktik Penjualan,Produk Tak Layak Konsumsi,kompleks pergudangan PT Inti,Kabupaten Bandung

Awas, Produk Pangan dan Farmasi Tak Layak Dijual ke Masyarakat

Soreang Jumat, 23 April 2021 | 19:25 WIB

Ratusan ribu produk itu dijual ke konsumen di berbagai wilayah, dengan harga yang sangat miring. 

Bandung Raya - Soreang, Awas, Produk Pangan dan Farmasi Tak Layak Dijual ke Masyarakat, Produk Pangan dan Farmasi Tak Layak,tidak memenuhi standar mutu,transaksi jual-beli,produk pangan olahan dan sediaan farmasi,Logistic Distribution Center,PT Sumber Alfaria Trijaya,Kompleks Pergudangan PT INTI

Saat Libur Lebaran, Objek Wisata Kabupaten Bandung Siap Dikunjungi

Soreang Jumat, 23 April 2021 | 18:52 WIB

Selama libur Hari Raya Idufitri 1442 Hijriah ini, destinasi wisata di Kabupate Bandung siap dikunjungi.

Bandung Raya - Soreang, Saat Libur Lebaran, Objek Wisata Kabupaten Bandung Siap Dikunjungi, Objek Wisata Kabupaten Bandung,Wisata Kabupaten Bandung,Objek Wisata Bandung,Objek Wisata di Bandung,libur Lebaran,libur Hari Raya Idufitri 1442 Hijriah,Tempat wisata di Kabupaten Bandung

Mulai Uji Coba, Mall Pelayanan Kabupaten Bandung Harus Tambah Konten

Soreang Jumat, 23 April 2021 | 16:11 WIB

Pemerintah Kabupaten Bandung mulai melakukan uji coba Mall Pelayanan Publik (MPP)

Bandung Raya - Soreang, Mulai Uji Coba, Mall Pelayanan Kabupaten Bandung Harus Tambah Konten, Pemerintah Kabupaten Bandung,uji coba Mall Pelayanan Publik,Mall Pelayanan Publik (MPP),MPP Kabupaten Bandung,pelayanan di MPP,Pemkab Bandung,MPP Pemkab Bandung

Misteri Batu Eon di Kolam Tandon PLTA Cikalong Pangalengan

Soreang Jumat, 23 April 2021 | 14:38 WIB

Bagi yang pernah berkunjung ke PLTA Cikalong, tepatnya kolam tandon Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Band...

Bandung Raya - Soreang, Misteri Batu Eon di Kolam Tandon PLTA Cikalong Pangalengan, Batu Eon Pangalengan,Misteri Batu Eon,Misteri Batu Eon Pangalengan,PLTA Cikalong Pangalengan,Batu Eon PLTA Cikalong

Lokasi dan Syarat SIM Keliling Kabupaten Bandung 23 April 2021

Soreang Jumat, 23 April 2021 | 06:00 WIB

Layanan SIM keliling online Polresta Bandung pada Jumat, 23 April 2021, hadir di dua lokasi. Mobil SIM keliling 1 ada di...

Bandung Raya - Soreang, Lokasi dan Syarat SIM Keliling Kabupaten Bandung 23 April 2021, SIM Keliling Kabupaten Bandung,Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bandung,Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bandung,Syarat SIM Keliling Kabupaten Bandung,SIM online keliling Kabupaten Bandung,SIM Online Polresta Bandung

artikel terkait

dewanpers