web analytics
  

PEMBUKAAN PRAKERJA GELOMBANG 11, Siapkan Syarat-syaratnya! Ini Kabar Terbaru

Senin, 5 Oktober 2020 12:53 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Nasional, PEMBUKAAN PRAKERJA GELOMBANG 11, Siapkan Syarat-syaratnya! Ini Kabar Terbaru, Pembukaan kartu prakerja gelombang 11,Kartu Prakerja Gelombang 11,Syarat Prakerja Gelombang 11

[Ilustrasi] Kapan pembukaan Kartu Prakerja gelombang 11 dibuka? Pertanyaan ini masih menjadi tanda tanya, setidaknya sampai hari ini, Senin (5/10/2020). Menurut rencana sendiri, kartu prakerja tahun ini hanya sampai gelombang 10. Namun, banyak kepesertaan yang dicabut karena tidak melanggar prosedur. (prakerja.go.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Kapan pembukaan Kartu Prakerja gelombang 11 dibuka? Pertanyaan ini masih menjadi tanda tanya, setidaknya sampai hari ini, Senin (5/10/2020). Menurut rencana sendiri, kartu prakerja tahun ini hanya sampai gelombang 10. Namun, banyak kepesertaan yang dicabut karena tidak melanggar prosedur.

Sembari menunggu keputusan pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 11, tidak ada salahnya menyiapkan syarat-syarat untuk mengikuti program tersebut. Saat ini, tercatat ada 227.818 penerima Kartu Prakerja yang status kepesertaannya dicabut. Jumlah tersebut berdasarkan pencabutan kepesertaan dari gelombang 1 hingga 5.

Pada gelombang 1 hingga 4, ada 180 ribu orang yang kepesertaannya dicabut. Lalu pada gelombang 5, ada sebanyak 47.818 orang yang dicabut statusnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu. "Pencabutan kepesertaan dilakukan sesuai dengan siklus batas akhir 30 hari setelah seseorang lolos seleksi," ujar Louisa, Senin (28/9/2020).

Maka dari itu, kuota tersebut menjadi tanda tanya, apakah akan dipakai untuk gelombang 11 atau akan dialihkan ke Kartu Prakerja di tahun depan. Ketika dikonfirmasi perihal tersebut, Louisa menuturkan pihaknya masih menunggu arahan.

“Kami masih menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja (KCK),” kata dia, Senin (5/10/2020).

Bagi peserta yang statusnya dicabut, tidak bisa mengikuti seleksi Kartu Prakerja. Selain itu, mereka juga akan dimasukkan ke dalam daftar hitam oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

Bagi pendaftar yang ingin lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, harap memperhatikan persyaratan berikut. Syarat ini merujuk pada persyaratan prakerja gelombang sebelumnya.

1. Nama lengkap harus sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Perhatikan nomor Kartu Keluarga (KK). Jangan sampai ada ketidakcocokan antara data di KTP dan KK

3. Tanggal lahir harus sesuai KTP

4. Alamat surat elektronik (surel) atau email yang jelas dan aktif (kotak masuk jangan sampai penuh atau jangan gunakan e-mail yang sudah lama tidak dipakai)

5. Nomor handphone yang sesuai dengan data diri saat registrasi

6. Alamat sesuai KTP

7. Alamat domisili (jika tempat tinggal dan alamat di KTP berbeda)

8. Jenis kelamin

9. Pendidikan terakhir yang ditamatkan

10. Status kebekerjaan

11. Foto KTP atas milik pendaftar.

Calon peserta Kartu Prakerja gelombang 11 dapat menyimak alur pendaftaran berikut:

·       Masuk ke laman prakerja.go.id

·       Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi

·       Cek email masuk dari Kartu Prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id

·       Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat

·       Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir

·       Klik tombol 'berikutnya'

·       Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP), lalu klik 'berikutnya'

·       Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Prakerja

·       Mengisi tes motivasi selama 1 menit

·       Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan

·       Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang x' (jika sudah dibuka).

Lalu, bagaimana cara bagi pendaftar yang sebelumnya sudah mengikuti Prakerja namun tidak lolos dan ingin mendaftar di gelombang selanjutnya? Berikut tata cara bagi peserta yang akan daftar kembali namun sudah mempunyai akun prakerja:

·       Masuk ke laman prakerja.go.id

·       Masukkan email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya

·       Menuju ke laman dashboard di profile Prakerja masing-masing

·       Peserta dapat langsung klik 'gelombang x' (jika sudah dibuka).

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers