web analytics
  

4 Rekomendasi Surabi Enak di Bandung

Minggu, 4 Oktober 2020 12:34 WIB Fira Nursyabani
Gaya Hidup - Kuliner, 4 Rekomendasi Surabi Enak di Bandung, surabi Bandung,Rekomendasi surabi Bandung,Surabi enak Bandung,surabi Cihapit,Surabi Sukur,Surabi Imut,Waroeng Soerabi, kuliner bandung

Surabi Cihapit (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM --  Ingin camilan mengenyangkan? Surabi bisa menjadi pilihan. Makanan khas Bandung ini terbuat dari tepung beras dan tepung terigu yang dicampur santan.

Dalam versi aslinya, surabi disajikan dengan sambal oncom. Tapi ada juga yang disantap polosan dengan kinca.

Seiring dengan berkembangnya inovasi dalam dunia kuliner, surabi banyak disajikan dengan beragam topping kekinian seperti keju, duren, sosis, telur, dan banyak lagi.

Tertarik tapi bingung mau makan surabi di mana? Berikut Ayobandung.com rangkum tempat-tempat favorit untuk nyurabi di Bandung.

 

1. Surabi Cihapit

Surabi Cihapit berada Jalan Cihapit, Bandung. Kedai tenda ini sudah berdiri sejak 1991, dan bahkan bahan tepung yang digunakan adalah tepung hasil gilingan sendiri.

Tak hanya tepung, kinca (air gula pemanis) juga dipilih dari gula aren asli. Sementara oncomnya menggunakan oncom tradisional kualitas pasar.

Surabi Cihapit (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

Selain menu andalan surabi kinca dan oncom, Surabi Cihapit juga menyediakan aneka varian rasa kekinian untuk menyesuaiakan diri dengan perkembangan selera pasar, seperti surabi keju susu, surabi telur sosis, surabi pisang cokelat, dan masih banyak lagi.

Surabi Cihapit buka pukul 06.00 pagi hingga pukul 12.00 siang, dan dilanjut pukul 15.00 sore sampai pukul 21.00 malam.

 

2. Waroeng Soerabi

Kedai yang dibangun pada 2009 ini menyediakan surabi dengan banyak varian rasa. Selain enak, harganya pun tidak menguruas isi dompet sehingga membuat tempat kuliner ini tidak pernah sepi pengunjung.

Waroeng Soerabi sangat digandrungi anak muda karena tempatnya yang nyaman untuk berkumpul. Kedai  berlantai dua ini menggunakan konsep modern yang didominasi oleh material kayu.

Waroeng Soerabi. (dok. Ayobandung.com)

Namun, di masa pandemi ini, pengunjung tetap harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Waroeng Soerabi yang terletak di Jalan dr Setiabudi ini menyajikan puluhan menu surabi, mulai dari yang rasanya manis hingga asin. Selain surabi, kedai ini juga menyediakan banyak menu lain seperti mie kocok, bakso, dan lainnya.

 

3. Surabi Imut

Masih di Jalan dr Setiabudi, Surabi Imut juga merupakan salah satu surabi legendaris di Kota Bandung. Tak tanggung-tanggung, ada puluhan rasa yang ditawarkan kedai ini.

Menunya terdiri dari dua jenis yaitu surabi manis dan surabi asin. Untuk surabi manis, pengunjung bisa memilih surabi kinca, surabi durian, surabi cokelat keji susu, surabi pisang susu, surabi oreo keju, dan lainnya.

Surabi Imut. (dok. Ayobandung.com)

Sementara untuk surabi asin, pengunjung bisa memilih surabi oncom, surabi telur, surabi sosis ayam, dan perpaduan dari bahan-bahan lainnya. Surabi ini bisa dinikmati dengan topping mayonaise, saus sambal, dan keju.

 

4. Surabi Sukur

Sang pemilik, Kamel,  mengatakan awal mula merintis usahanya bermula dari resep turun temurun keluarga besarnya yang dimulai tahun 1978. Saat itu keluarganya hanya menjual surabi rasa original tanpa di beri nama khusus. 

Lalu pada tahun 2009 tercetuslah nama Surabi Sukur yang mempunyai filosofi "selalu diberi banyak rasa syukur." Berhubung pemiliknya orang Sunda maka kata “Syukur” diubah menjadi "Sukur". 

Surabi Sukur. (dok. Ayobandung.com)

Menu yang ditawarkan untuk rasa original adalah surabi oncom legend dan surabi polos. Sedangkan rasa kekiniannya ada surabi kopi, surabi sosis, surabi taro, dan surabi ayam suwir.

Surabi Sukur juga pernah mengeluarkan menu Surabi Persib, yang adonannya terdiri dari campuran vanilla, karamel, dan bubble gum. Surabi ini dibuat atas dasar kecintaan terhadap Jawa Barat dan Persib.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers