web analytics
  

BPBD Siapkan Protokol Kesehatan di Pengungsian Bencana

Jumat, 2 Oktober 2020 18:53 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, BPBD Siapkan Protokol Kesehatan di Pengungsian Bencana, BPBD Kabupaten Bandung,Tempat Pengungsian,Protokol Kesehatan

Tempat pengungsian korban banjir di Kabupaten Bandung. (Irfan Al-Faritsi)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kabupaten Bandung merupakan daerah rawan bencana, dalam setiap musim berbagai bencana kerap menerjang sejumlah wilayah. Tidak jarang, bencana yang terjadi membuat kerugian material bahkan memaksa masyarakat mengungsi.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung Akhmad Djohara mengatakan, di masa pandemi seperti sekarang, selain menyelamatkan korban bencana, pihaknya juga tidak akan melupakan protokol kesehatan.

"Kami sudah melakukan sejumlah rencana sebagai antisipasi apabila ada bencana yang mengharuskan warga mengungsi," tutur Akhmad, Jumat (2/10/2020).

Dia menyontohkan, jika terjadi banjir di Bandung selatan, langkah yang akan dilakukannya adalah menyiapkan tempat pengungsian bagi masyarakat.

Physical dan sosial distancing menjadi salah satu fokus perhatiannya. Dalam beberapa kejadian banjir, pengungsian selalu dipenuhi masyarakat.

"Kalau titik pengungsian sudah penuh, kami akan cari lagi pengungsian supaya tidak terjadi kerumunan yang berpotensi menyebarkan covid-19. Bisa menggunakan tenda, maupun tempat pengungsian baru," ujarnya.

Disamping itu, tempat pengungsian juga akan disemprot disinfektan secara berkala untuk menghilangkan bakterial termasuk virus.

"Masker juga akan disediakan," ucapnya.

BPBD juga akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk rapid tes, bahkan SWAB tes apabila diperlukan.

Dengan langkah cepat dan sedini mungkin, potensi terjadinya klaster baru di pengungsian bisa diminimalisasi bahkan dicegah.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers