web analytics
  

Kecamatan Arcamanik, Wilayah dan Penduduknya Terkini

Jumat, 2 Oktober 2020 13:00 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Kecamatan Arcamanik, Wilayah dan Penduduknya Terkini, Arcamanik,Kecamatan Arcamanik,Informasi Arcamanik Terkini,Data Arcamanik Terkini,Bandung,Penjara Sukamiskin,GOR Arcamanik

Kantor Kecamatan Arcamanik (BPS Kota Bandung)

ARCAMANIK, AYOBANDUNG.COM -- Kecamatan Arcamanik, dengan luas total 607,49 kilometer persegi, terdiri dari empat kelurahan, yakni Cirasaranten Kulon, Cisaranten Binaharapan, Sukamiskin, serta Cisaranten Indah. Sukamiskin, dengan luas 196,16 kilometer persegi, merupakan kelurahan terluas.

Merujuk dokumen Kecamatan Arcamanik dalam Angka 2020 yang diterbitkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Arcamanik, yang wilayahnya berada di ketinggian 673-692 meter di atas permukaan air laut, memiliki jumlah total 51 Rukun Warga (RW) dan 271 Rukun Tetangga (RT). Sukamiskin menjadi kelurahan dengan jumlah RW dan RT terbanyak, yakni 17 RW dan 92 RT.

Diketahui terjadi penambahan signifikan jumlah RW dan RT di Kecamatan Arcamanik dalam lima tahun terakhir. Pada 2014, jumlah yang tercatat adalah 51 RW dan 271 RT.

Per 2019, jumlah penduduk Arcamanik tercatat 83.428 jiwa, terdiri dari 41.970 perempuan dan 38.199 laki-laki. Terjadi penambahan signifikan dibandingkan jumlah penduduk di tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 68.907 jiwa.

Cisaranten Endah merupakan kelurahan dengan tingkat kepadatan tertinggi di Arcamanik, yakni 16.419 jiwa per kilometer persegi. Sebaliknya, Sukamiskin menjadi kelurahan yang paling tidak padat. Tingkat kepadatannya ada di angka 9.795 jiwa per kilometer persegi.

Pegawai swasta merupakan kategori pekerjaan yang menyerap penduduk Arcamanik dalam jumlah terbanyak, mencapai 10.640 orang. Jumlah petani di kecamatan ini tercatat sejumlah 1.144 orang.

Pendidikan dan Kesehatan

Untuk memenuhi layanan pendidikan bagi warganya, di Kecamatan Arcamanik terdapat 20 unit Sekolah Dasar (SD) terdiri dari 11 SD Negeri dan 9 SD Swasta. Juga terdapat 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI) tanpa keterangan jumlah murid dan guru.

Di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), terdapat 14 unit sekolah terdiri dari 1 SMP Negeri dan 13 SMP Swasta. Juga tercatat ada 1 Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Ada tiga unit Sekolah Menengah Atas (SMA) di Arcamanik. Semuanya merupakan sekolah yang dikelola oleh swasta. Juga terdapat 1 Madrasah Aliyah (MA) dan 3 Sekolah Memengah Kejuruan (SMK) yang juga berstatus swasta.

Di Kecamatan Arcamanik, tercatat ada 3 akademi atau perguruan tinggi. Semuanya dikelola oleh swasta.

Untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga, di Arcamanik telah berdiri 2 rumah sakit bersalin, 2 puskesmas, 53 posyandu, serta 4 balai pengobatan.

Pertanian dan Perdagangan

Masih ada lahan sawah di Arcamanik. Luasnya tercatat 11,4 hektare. Lahan sawah tersebar di setiap kelurahan, kecuali Sukamiskin.

Untuk bidang perdagangan, hanya tercatat keberadaan 15 kelompok pertokoan, 27 minimarket atau swalayan, serta 1 toserba (toko serba ada).

Penjara dan Gelanggang Olah Raga

Ada beberapa tempat atau bangunan ikonik dan bersejarah di Arcamanik. Salah satunya adalah Penjara Sukamiskin. Bangunan hasil rancangan arsitek ternama CP Wolff Schoemaker ini dibangun pada 1918. Bentuk bangunan penjara ini sangat khas, jika dilihat dari atas menyerupai bilah-bilah kincir angin, karena pembangunan empat blok yang ada mengikuti arah mata angin. 

Penjara Sukamiskin beroperasi sejak 1924 sebagai tempat hukuman bagi kaum intelektual yang dianggap melakukan kejahatan politik oleh pemerintah Hindia Belanda. Sukarno pernah meringkuk di sel dalam kompleks penjara ini. Saat ini Penjara Sukamiskin digunakan untuk menahan para narapidana korupsi.

Tempat bersejarah lain di kawasan ini adalah lapangan pacuan kuda yang saat ini sudah berubah wujud menjadi Sentra Pembinaan Olah Raga (Sport) Jawa Barat atau lebih populer di kalangan masyarakat sebagai Gelanggang Olah Raga (GOR) Arcamanik. Peresmiannya dilakukan Gubernur Ahmad Heryawan pada 12 Desember 2017.

Editor: Tri Joko Her Riadi

artikel terkait

dewanpers