web analytics
  

Pusing Baterai Ponsel Gampang Habis, Begini Solusinya

Kamis, 1 Oktober 2020 22:20 WIB M. Naufal Hafizh
Bisnis - Gadget, Pusing Baterai Ponsel Gampang Habis, Begini Solusinya, Ponsel,Baterai Ponsel,tips

ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ponsel adalah perangkat yang tak bisa dilepaskan banyak orang. Perangkat ini seolah menjadi kebutuhan dasar karena banyak yang memanfaatkannya dari mulai bangun sampai hendak tidur.

Namun, jika baterai ponsel kamu boros alias tidak awet, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan agar baterai ponsel bertahan lama.

Namun, tentu saja, ada sejumlah hal yang menjadi penyebab baterai ponsel kamu boros.

Berikut ini cara menghemat baterai smartphone Android.

1. Cek aplikasi yang paling boros

Lihat daftar aplikasi mana yang memakai baterai paling banyak. Jika tidak benar-benar penting, lebih baik matikan dan tidak dipakai sepanjang perjalanan.

Untuk melihatnya, kamu bisa masuk ke setting/pengaturan lalu ke Battery dan ke Battery Usage/Power Usage. Di situ akan daftarnya.

2. Jangan kebanyakan aplikasi jalan di background

Semakin banyak aplikasi berjalan di background semakin banyak daya baterai yang disedot. Jika aplikasi tidak dibutuhkan matikan saja termasuk di background.

3. Matikan sinyal radio yang tak dipakai

Beberapa fitur di smartphone yang memanfaatkan sinyal radio akan memakan daya yang tidak sedikit. Seperti NFC, GPS, dan Wi-Fi. Jangan lupa matikan jika sudah tidak dipakai lagi.

4. Turunkan brightness layar

Layar menjadi salah satu bagian smartphone yang paling banyak memakan baterai. Jangan gunakan auto brightness, tapi atur manual jika perlu turunkan ke tingkat paling rendah.

5. Wallpaper gelap dan tampilan ringan

Layar tipe AMOLED atau OLED akan lebih hemat baterai jika tampilan lebih gelap. Wallpaper warna gelap akan membantu menghemat baterai dari layar.

Gunakan juga widget dan tampilan yang ringan untuk membantu hemat baterai smartphone. Jangan pakai widget yang memiliki animasi dan berat untuk dijalankan.

6. Matikan notifikasi yang tak penting

Jangan anggap remeh notifikasi, karena tetap akan memakan daya baterai. Pastikan notifikasi yang menyala hanya dari aplikasi yang penting.

7. Atur auto sync

Fitur sync yang menyinkronisasi aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Karena itu, matikan auto sync agar tidak kebanyakan koneksi internet.

8. Hindari streaming

Koneksi internet sangat memakan daya baterai jika terus-terusan terhubung. Apalagi untuk menjalankan streaming, baik video maupun musik.

Gunakan pemutar musik atau video luring untuk hemat baterai smartphone. Aplikasi seperti YouTube dan Spotify memiliki fitur offline yang membantu.

9. Gunakan aplikasi bebas iklan

Ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak membutuhkan internet. Namun karena di dalamnya ada iklan sehingga meminta terhubung dengan internet.

10. Gunakan fitur power saving

Smartphone kini telah dilengkapi dengan fitur power saving atau hemat daya. Secara otomatis smartphone akan memberikan pengaturan untuk menghemat daya.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers