web analytics
  

Santan Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Kamis, 1 Oktober 2020 22:11 WIB Nur Khansa Ranawati
Gaya Hidup - Sehat, Santan Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, santan,Manfaat Santan,Kesehatan,turunkan berat badan

ilustrasi santan. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Selain bisa dipakai untuk mengolah aneka masakan, santan kelapa atau coconut milk juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Sebagaimana dilansir Boldsky, berikut sejumlah manfaat santan kelapa bagi kesehatan.

1. Membantu menurunkan berat badan

Santan kelapa dinilai dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung trigliserida rantai menengah (MCT). Sebuah studi menunjukkan bahwa MCT dapat lebih aktif bekerja untuk menurunkan berat badan dan lingkar pinggang dibandingkan dengan lemak lainnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa pria yang kelebihan berat badan yang mengonsumsi makanan yang mengandung trigliserida rantai menengah memiliki nafsu makan yang jauh lebih rendah di penghujung hari.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kelapa mengandung asam laurat, yang dikenal mampu sistem kekebalan tubuh. Santan kelapa juga memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi dan menghambat pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis, dan Streptococcus pneumoniae. Dengan begitu, hal tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat lain dari santan adalah membantu memelihara kesehatan jantung karena adanya asam laurat di dalamnya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan bahwa mengonsumsi bubur kelapa menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) sebesar 18%.

4. Menurunkan tekanan darah

Kehadiran mineral penting seperti kalium, natrium, kalsium dan zat besi dalam santan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal tersebut bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah tetap rileks serta bebas dari penyumbatan.

5. Mengelola diabetes

Asam lemak rantai sedang dalam santan dapat membantu memperlambat laju gula darah dalam aliran darah. Ini mencegah kenaikan kadar gula darah sehingga mengurangi timbulnya diabetes.

6. Mencegah peradangan

Sifat antiinflamasi dalam asam laurat yang terdapat dalam santan dapat membantu menurunkan peradangan yang terkait dengan kondisi seperti radang sendi dan nyeri otot.

7. Membantu melancarkan pencernaan

Orang yang sulit mencerna laktosa (lactose intolerant) dapat beralih ke santan karena lebih kemungkinannya lebih kecil untuk mengganggu pencernaan. Santan juga dikenal mampu meningkatkan pertumbuhan mikrobiota usus, sehingga meningkatkan kesehatan usus.

Namun, berhati-hatilah bila Anda memiliki alergi terhadap kelapa. Mengkonsumsi santan dapat memberi efek samping. Selain itu, kandungan kalori dan lemak yang tinggi di dalam santan kelapa pun perlu diperhatikan agar tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers