web analytics
  

Enak Banget! Ini 5 Lomie yang Harus Dicoba di Bandung

Kamis, 1 Oktober 2020 15:50 WIB Fira Nursyabani
Gaya Hidup - Kuliner, Enak Banget! Ini 5 Lomie yang Harus Dicoba di Bandung, Lomie Lombok,Lomie Lodaya,Lomie 61,Lomie Imam Bonjol,Lomie Ciliwung,Lomie Bandung,Lomie enak Bandung, kuliner bandung

Lomie Imam Bonjol. (Ayobandung.com/Anggun Nindita Kenanga)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kuah kental yang terbuat dari tepung kanji menemani sajian mie bercampur kangkung dalam sebuah mangkuk. Nikmat, hangat. Apalagi menjelang musim hujan seperti sekarang, sajian lomie bisa jadi penghangat di kala kamu kedinginan.

Lomie menjadi salah satu makanan khas yang banyak dijumpai di Kota Bandung. Namun ada beberapa kedai lomie yang wajib dicoba karena rasanya yang manis dan nikmat.

Berikut Ayobandung.com rangkum 6 kedai lomie enak di Bandung.

1. Lomie Imam Bonjol

Lomie Imam Bonjol menjadi pelopor lomie halal yang ada di Bandung. Lomie buatan Haji Ngatimin ini terasa berbeda karena kuahnya dibuat dari berbagai bahan dasar, mulai dari seafood, seperti udang dan ebi.

Putra dari Haji Ngatimin, Andi Tri Waluya, bercerita kala pertama sang Ayah berjualan lomie halal pada 1980 silam. Kawasan Jalan Jenderal Sudirman menjadi saksi pertama lomie buatan Ngatimin dijual untuk umum.

Lomie Imam Bonjol. (Ayobandung.com/Anggun Nindita Kenanga)

Kemudian, Dokter Eddy, yang kebetulan adalah dokter pribadi Presiden RI ke-3, BJ Habibie, menawarkan Ngatimin untuk berjualan di trotoar depan kediaman pribadinya di Jalan Imam Bonjol, Bandung.
 
Rupanya Habibie kerap mengajak para menteri kabinet di eranya untuk mencicipi lomie buatan Ngatimin. Tak heran rasanya mengingat di era 1990an, kedai lomie yang kini dikenal dengan Lomie Imam Bonjol, dulu lebih akrab dengan sebutan Lomie Habibie. 

Cabang lain lomie Imam Bonjol ada di Jalan Ir. H. Juanda No. 262 Dago, Jalan Dipati Ukur No.19, Merdeka Foodstall, Jalan Purnawarman No 10, dan Festival citylink lantai 3.

 

2. Lomie Ciliwung

Lomie Ciliwung yang terletak di Jalan Ciliwung, Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan. Di sini selain lomie yang menjadi andalannya, juga menyediakan mie bakso, yamin, mi ayam, dan bihun.

Meski tempat makan kaki lima ini sangat sederhana, namun Lomie Ciliwung selalu penuh oleh para pelanggan setianya. Hal ini karena lomienya memiliki cita rasa yang luar biasa dan harga yang ramah di kantong.

Lomie Ciliwung. (dok. Ayobandung.com)

Lomie Ciliwung buka dari siang hingga pukul 18.00 WIB. Tapi, kadang Lomie Ciliwung ini tutup lebih awal karena sudah habis.

 

3. Lomie Lodaya

Bagi Anda yang sedang berjalan-jalan di sekitar Lodaya, lomie bisa menjadi pilihan yang pas. Lomie Lodaya terletak di Jalan Lodaya No.36, di samping kantor BPJS Ketenagakerjaan Lodaya.

Kuahnya yang kental dan hangat, terasa lezat saat disantap dengan toping bakso, ceker, dan jeruk nipis. Kedai Lomie Lodaya buka dari pukul 10.00 pagi sampai pukul 05.00 sore.

 

4. Lomie Lombok

Sesuai namanya, Lomie Lombok terletak di Jalan Lombok No.12, tepatnya di perempatan Jalan Aceh dan Jalan Lombok. Tak hanya lomie, di sini juga tersedia yamin manis, yamin asin, hingga bihun kuah.

Lomie Lombok. (Instagram/@lomielombok)

Lomie di sini disajikan lengkap dengan pangsit ayam, ayam suwir, ceker, sampai kerupuk dorokdok. Lomie Lombok buka dari pukul 10.00 pagi sampai 05.00 sore. Jangan sampai kehabisan ya!

 

5. Lomie 61

Lomie 61 bisa dibilang legendaris di dunia lomie Bandung. Tak heran, banyak pelanggan setia yang rela antre demi mendapatkan semangkuk lomie di sini.

Lomie 61 (Instagram/@lomie61kalipahapo)

Lokasinya di Jalan Kalipah Apo No. 73, Astana Anyar. Yang unik dari lomie ini adalah ukuran mienya yang lebih kecil dari lomie biasa, mirip mie dalam mie ayam, tapi kuahnya tentu pakai kuah lomie yang kental dan manis.

Selain di Jalan Kalipah, Lomie 61 juga membuka cabang di Jalan TKI 2 Blok 1A No. 63. Lomie 61 juga tersedia dalam bentuk frozen sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers