web analytics
  

Update Corona Bandung 30 September 2020: Tingkat Kesembuhan Melonjak ke 85,76 Persen

Kamis, 1 Oktober 2020 14:22 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Update Corona Bandung 30 September 2020: Tingkat Kesembuhan Melonjak ke 85,76 Persen, Update Covid-19 Bandung,Update Corona Bandung,Informasi Covid-19 Bandung,Data Covid-19 Bandung,Bandung

Imbauan tentang pentingnya penggunaan masker di masa pandemi (Humas Pemkot Bandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung kembali mencatatkan penambahan signifikan jumlah kasus sembuh positif virus corona atau Covid-19 di Kota Bandung. Pada Rabu (30/9/2020) tercatat sebanyak 1.127 kasus sembuh, atau bertambah 51 kasus dibandingkan pencatatan sebelumnya. Penambahan ini membuat tingkat kesembuhan di Kota Bandung kembali naik menjadi sekarang 85,76 persen.

Merujuk situs web https://covid19.bandung.go.id/, saat ini secara total tercatat 1.314 kasus positif di Kota Bandung. Artinya, ada penambahan 14 kasus jika dibandingkan data satu hari sebelumnya.

Informasi lain yang bisa diketahui per hari ini adalah jumlah total suspek sebanyak 7.748 kasus dengan 384 kasus di antaranya sedang dalam tahap pemantauan. Sementara itu, jumlah kasus kontak erat secara akumulatif bertambah signifikan menjadi 5.093 kasus dengan 563 kasus di antaranya saat ini berada dalam tahap pengawasan.

Dari rincian data per kecamatan, bisa diketahui bahwa Cicendo, dengan 87 kasus, masih merupakan kecamatan dengan jumlah total kasus positif terbanyak. Sementara itu, kecamatan dengan jumlah kasus positif terkecil adalah Bandung Wetan dengan 11 kasus.

Situs web juga menampilkan rincian data per kelurahan. Diketahui, Sukaraja merupakan kelurahan dengan jumlah kasus terkonfirmasi terbanyak, mencapai 35 kasus, disusul Kelurahan Cijagra dengan 32 kasus.

Tercatat saat ini sebanyak 146 kelurahan, atau 96,69 persen dari seluruh kelurahan di Kota Bandung, tercatat memiliki kasus positif Covid-19 terkonfirmasi.Hanya 5 kelurahan yang terbebas dari pandemi ini.  

Kota Bandung saat ini juga masih menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat, Satgas Penaganan Covid-19 melakukan beberapa langkah pengawasan dan penindakan, termasuk pembubaran kerumunan dan penutupan beberapa akses jalan.

Pelaksanaan uji usab (swab test) juga tidak dikendurkan. Pengujian secara massif inilah yang berkontribusi dalam pengungkapan kasus-kasus positif Covid-19 sehingga bisa segera diikuti dengan penanganan lebih jauh, mulai dari isolasi sampai pelacakan kontak erat.

Tentang ketersediaan ruang isolasi di Bandung, Pemkot menyatakan bahwa jumlahnya di puluhan rumah sakit masih memadai. Okupansinya di kisaran 30-40 persen.

Protokol kesehatan

Sumber data terkini Covid-19 Kota Bandung berasal dari dokumen Laporan Harian Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Bandung yang disampaikan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Data bersifat dinamis berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang dilaksanakan oleh petugas Dinas Kesehatan dan puskesmas di wilayah-wilayah di Kota Bandung.

Virus corona diketahui menular melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Penularan rentan terjadi dalam jarak hingga 1 meter.

Untuk menekan angka penyebaran Covid-19, masyarakat diajak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya, memakai masker, menghindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan.   

 

Editor: Tri Joko Her Riadi

artikel terkait

dewanpers