web analytics
  

Prihatin, Keluarga Meli Juara LIDA 2020 Tak Punya Kamar Mandi

Kamis, 1 Oktober 2020 14:04 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Prihatin, Keluarga Meli Juara LIDA 2020 Tak Punya Kamar Mandi, Meli Lida 2020,Rumah Meli LIDA 2020,Liga Dangdut Indonesia

Ade, ayahanda Meli LIDA 2020 menunjukkan kamar mandi keluarga yang berjarak 10 meter dari kediamannya. (Ayobandung.com)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Juara Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2020 Meli Nuryani, yang memiliki bakat sangat luar biasa, ternyata tinggal di rumah panggung berbahan utama kayu dan bilik. Bahkan, di rumahnya, tidak ada kamar mandi yang layak dan tidak ada sumber air.

Meli mengharumkan nama Jawa Barat setelah menjadi Juara LIDA 2020. Meli menjadi juara LIDA kedua dari Cianjur setelah Lesti Kejora.

Rumah sederhana keluarga Meli Nuryani juara LIDA 2020 berada di Kampung Rawapatat RT 03 RW 01, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur.

Selama ini, keluarga Meli harus mengambil air untuk kebutuhan sehari-hari di sumber mata air yang jaraknya sekitar 500 meter dari kediamannya, apalagi di musim kemarau seperti sekarang ini.

“Iya, harus ngambil air dulu di sumber mata air, pake jerigen ditanggung, jaraknya sekitar 500 meter dari rumah,” kata Ade (56), ayahanda Meli saat dihuhungi melalui telepon, Kamis (1/10/2020).

Ade juga mengakui selama ini rumahnya tidak punya kamar mandi. Jikapun ada di luar rumah, jaraknya sekira 10 meter. Kamar mandi berukuran 2 x 1 meter ini tidak beratap, di sekelilinya hanya ditutup dengan karung bekas. Tidak ada air mengalir, hanya mengandalkan air hujan penampungan.

“Iya, seperti itu kamar mandi yang dipakai untuk mandi dan lain sebagainya, mau gimana lagi?” katanya.

Kepala Desa Sukamulya Hendar Hendarin membenarkan jika rumah Meli Nuryani juara LIDA 2020 ini cukup sederhana, seperti halnya warga lainnya.

“Namanya juga di pelosok, memang semua warganya hidup sederhana, termasuk keluarga Meli,” katanya.

Rumah Akan Diperbaiki

Camat Cikadu Yadi Supriyadi mengungkapkan, dia sudah mengusulkan pada Pemkab Cianjur melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Kabupaten Cianjur, untuk memperbaiki rumah Meli.

“Sejak awal keikutsertaan Meli di Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2020, kita sudah dukung penuh. Bahkan rumahnya akan kita perbaiki, sudah diajukan ke Dinas Perkimtan Cianjur,” kata Camat saat dihubungi melalui telepon, Selasa (29/9/2020).

Yadi mengaku bangga dan bersyukur ada warga Cikadu yang jauh dari kota tetapi mampu menaklukkan Indonesia di Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2020. Sejak awal, dia yakin Meli akan juara.

“Meli menjadi orang kedua dari Cianjur menjadi juara Liga Dangdut indonesia, setelah Lesti yang berasal dari Kecamatan Cibinong. Pokonya kami bangga dengan perstasinya,” tuturnya.

Dapat Uang Tunai Setengah Miliar

Meli menjadi juara 1 kompetisi LIDA 2020 dalam Konser Kemenangan yang disiarkan live Indosiar, dari Senin (28/9/202) malam hingga Selasa (29/9/2020) dini hari.

Meli mendapatkan perolehan SMS tertinggi hingga polling ditutup (35,91%). Beda tipis dengan juara 2 Gunawan (Maluku Utara), dan Hari (Jambi).

Setelah menjuarai LIDA 2020, Meli berhak atas hadiah uang tunai setengah miliar atau Rp500 juta. Total hadiah yang disiapkan Indosiar untuk semua pemenang di babak grand final senilai Rp1 miliar.

Gunawan sang juara 2 mendapatkan hadiah uang tunai Rp300 juta serta Hari membawa hadiah uang tunai Rp200 juta sebagai juara 3.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers