web analytics
  

Sehat dan Normalkah Payudara Besar Sebelah?

Kamis, 1 Oktober 2020 08:55 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Sehat dan Normalkah Payudara Besar Sebelah?, Kanker Payudara,tanda kanker payudara,gejala kanker payudara,payudara besar sebelah

Kanker payudara menjadi salah satu penyebab utama tingginya angka kematian pada perempuan. Lalu, apakah ukuran payudara besar sebelah normal dan sehat, atau termasuk tanda kanker payudara? (Istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kanker payudara menjadi salah satu penyebab utama tingginya angka kematian pada perempuan. Lalu, apakah ukuran payudara besar sebelah normal dan sehat, atau termasuk tanda kanker payudara?

Kanker payudara merupakan penyakit yang menyerang jaringan payudara dan sekitarnya. Kebanyakan perempuan hanya tahu bahwa kanker payudara ditandai dengan benjolan di dekat ketiak. Padahal, ada banyak gejala lain yang menandai kemunculan kanker payudara.

Spesialis Penyakit Dalam Hematologi & Onkologi Medik, DR dr Cosphiadi Irawan, SpPD, KHOM, mengatakan, memang banyak perempuan yang masih belum memahami tanda-tanda munculnya penyakit kanker payudara. Ditambah, masyarakat masih tabu dengan penyakit tersebut.

“Membicarakan soal kanker payudara, masyarakat masih banyak yang takut. Padahal penyakit ini tidak menular dan bukan momok yang sangat menakutkan,” ujar dr Cosphiadi kepada awak media saat webinar Pfizer Caregiving Kanker Payudara, Rabu (30/09/2020).  

Dia pun berharap pemerintah perlu berperan aktif untuk terus memberikan edukasi terkait kanker payudara. Hal itu agar perempuan tak segan untuk melakukan pemeriksaan dini ke rumah sakit terdekat.

Berikut beberapa gejala yang muncul pada penderita kanker payudara yang perlu Anda ketahui menurut Spesialis Penyakit Dalam Hematologi & Onkologi Medik, DR. dr. Cosphiadi Irawan, SpPD, KHOM, di antaranya;

1. Payudara Benjol

Gejala ini adalah gejala awal dari kanker payudara yang paling mudah diketahui. Jaringan payudara membentang luas hingga ke bawah lengan. Maka selain di area payudara, benjolan bisa muncul di sekitar dada atas atau ketiak.

2. Perubahan kulit payudara

Gejala lainnya menyebabkan peradangan sehingga tekstur aslinya berubah, seperti kulit kering, kulit terasa menebal di sekitar payudara, dan kulit payudara terlihat berlubang karena adanya penumpukan cairan getah bening.

3. Puting mengeluarkan cairan

Apabila puting mengeluarkan cairan kental, dan tentu Anda perlu waspada, cairan yang keluar biasanya bervariasi.

4. Kelenjar getah bening membengkak

Kelenjar getah bening merupakan kumpulan jaringan sistem kekebalan tubuh yang bertugas melawan mikroorganisme asing, termasuk sel kanker. Apabila sel kanker sampai masuk ke kelenjar getah bening, kelenjar ini bengkak.

5. Payudara nyeri

Kanker payudara akan menyerang sel-sel kulit sehat yang kemudian menyebabkan payudara nyeri saat ditekan. Anda perlu waspada serta dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

6. Payudara memerah

Salah satu gejala yang tidak boleh diabaikan yaitu timbulnya kemerahan pada kulit. Kanker payudara dapat membuat area payudara mengalami perubahan warna kulit seperti terjadi memar dan perlu segera periksa diri.

7. Payudara besar sebelah

Hal ini juga menjadi pertanda kanker. Sel kanker membuat seluruh bagian payudara membengkak. Ini membuat salah satu sisi payudara yang terkena kanker akan berubah menjadi lebih besar maka jangan ragu untuk periksa ke dokter.

8. Puting ke dalam

Sel kanker bisa menyebabkan puting susu masuk ke dalam. Padahal, puting susu normal seharusnya menonjol keluar, dan Anda perlu konsultasi ke dokter.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers