web analytics
  

5 Makanan yang Jadi Beracun Jika Dipanaskan Ulang, Termasuk Telur

Kamis, 1 Oktober 2020 08:49 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 5 Makanan yang Jadi Beracun Jika Dipanaskan Ulang, Termasuk Telur, makanan beracun,Menghangatkan Makanan,memanaskan makanan,manfaat telur,bahaya telur

[Ilustrasi] Sejumlah makanan yang dipanaskan kembali termasuk telur, menurut pakar kesehatan, dapat merusak tubuh saat dikonsumsi karena bisa menjadi racun. Makanan yang dipanaskan kembali akan cenderung kehilangan nilai gizi, terutama makanan berprotein tinggi. (Pixabay/congerdesign)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah makanan yang dipanaskan kembali termasuk telur, menurut pakar kesehatan, dapat merusak tubuh saat dikonsumsi karena bisa menjadi racun. Makanan yang dipanaskan kembali akan cenderung kehilangan nilai gizi, terutama makanan berprotein tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa menghangatkan kembali makanan tertentu bisa berakibat fatal bagi kesehatan karena tidak semua makanan harus dihangatkan dan dikonsumsi.

Hal ini disebabkan oleh cara makanan bereaksi dengan bakteri saat disimpan, dan juga karena protein yang dipecah selama pemasakan. Dengan nilai gizi yang turun hingga nol, dalam banyak kasus, sisa makanan ini menjadi beracun.

Ketika sisa nutrisi nol ini dikonsumsi, mereka tidak memiliki manfaat apa pun bagi tubuh. Mereka tidak memberikan nutrisi, mineral, dan vitamin, tetapi menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Maka dari itu, karena ada beberapa makanan yang beracun kalau dipanaskan lagi, mari ketahui makanan apa saja di antaranya, dilansir dari Blodsky.

1. Kentang

Tidak semua makanan berbahan dasar kentang bermasalah saat dipanaskan kembali. Itu tergantung pada seberapa baik Anda menyimpannya setelah memasaknya. Kentang merupakan lingkungan tumbuh yang ideal untuk botulisme, menyebabkan pertumbuhan bakteri Clostridium botulinum

Untuk menghindari pertumbuhan bakteri, simpan kentang yang sudah matang di dalam lemari es dan konsumsi dalam 1-2 hari.

2. Telur

Telur perlu dikonsumsi saat masih segar. Selanjutnya, dianggap lebih aman untuk menghindari pemanasan ulang telur. Bakteri dapat berkembang biak pada suhu antara 4 derajat Celsius dan 60 derajat Celsius dan dapat merusak makanan atau membuat Anda sakit. Makanan berprotein tinggi seperti telur mengandung banyak nitrogen, dan ini mungkin teroksidasi karena dipanaskan kembali.

3. Jamur

Sisa jamur tidak boleh dipanaskan kembali, karena kandungan protein dan nutrisi pada jamur dapat berubah menjadi racun dan menyebabkan masalah pencernaan. Dalam beberapa kasus, memanaskan jamur lebih dari sekali juga dapat memengaruhi jantung

4. Bayam

Bayam mengandung vitamin K yang tinggi kalsium dan nitrat. Ketika sudah dimasak kemudian dipanaskan lagi, nitrat dapat berubah menjadi nitrit yang bertindak sebagai karsinogen.

5. Seafood

Penelitian menggarisbawahi bahwa saat terbaik untuk mengonsumsi seafood adalah ketika masih segar dimasak. Seafood segar yang langsung diolah sebagai frozen food aman untuk dipanaskan kembali. Sementara itu, makanan laut segar atau matang yang telah didiamkan pada suhu kamar mungkin mengandung bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan.

Jika Anda ingin memanaskan kembali sisa makanan laut Anda, pastikan Anda membekukannya dengan aman di dalam freezer, dalam beberapa menit setelah memasak.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers