web analytics
  

Pasien Positif Corona Bekasi Akan Dirawat di Hotel Mulai Hari Ini

Kamis, 1 Oktober 2020 08:11 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Regional, Pasien Positif Corona Bekasi Akan Dirawat di Hotel Mulai Hari Ini, Corona Bekasi,hotel corona,hotel tempat perawatn pasien corona,Bekasi Hari Ini

Pasien corona tanpa gejala (OTG) di wilayah Kota Bekasi akan dirawat di The Green Hotel, mulai hari ini Kamis (1/10/2020). (Istimewa)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Pasien corona tanpa gejala (OTG) di wilayah Kota Bekasi akan dirawat di The Green Hotel, mulai hari ini Kamis (1/10/2020).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi dr Rina Oktavia mengatakan, prosedur yang diterapkan baik hotel akan sama dengan Rumah Sakit Darurat (RSD) Stadion Patriot Candrabhaga.

"Pasien positif ini lapor dulu ke RT/RW, nanti mereka lapor ke puskesmas," kata Rina, kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).

Setelah itu, kata Rina, pihak puskesmas akan melihat kondisi rumah pasien. Jika rumahnya tidak layak untuk isolasi mandiri, kepala puskesmas langsung berkomunikasi dengan pihak Dinas Kesehatan.

"Bahwa mereka tidak ada gejala, tidak ada komorbit, rumahnya difoto langsung kasih ke kami nanti kami screening. Kalau memang terpenuhi syarat itu. Baru bisa kami terima di sini," kata dia.

Selanjutnya, setelah masuk ke RSD Stadion/hotel, 3 hari selanjutnya pasien akan kembali dites usap. Jika hasilnya negatif, akan ditinjau oleh dokter konsulennya. Jika diizinkan pulang, pasien boleh pulang dan melanjutkan isolasi mandiri di rumah.

"Dia masuk, tiga hari dari dia masuk itu kita lakukan swab. Kalau hasilnya negatif kita langsung konsul ke dokter konsulen, dr Antony, kalau misalnya dia bilang boleh pulang, ya kita pulangin," ujarnya.

"Kalau punya keluhan misalnya ada batuk atau sesak. Kita rujuk ke RS rujukan," katanya.

Sementara itu, General Manager The Green Hotel Asep Hermawan menyampaikan, mulai hari ini, hotelnya sudah bisa menerima pasien Covid-19 dengan status OTG (orang tanpa gejala).

"Sesuai kesepakatan, Green Hotel sudah siap menerima tamu isolasi, prosedur penerimaan tamu isolasi mengikuti dari tim gugus tugas atau Dinkes kota Bekasi," ujar Asep, Rabu (30/9/2020), dikutip dari Kompas.com.

Adapun perjanjian kerja sama per Rabu (30/9/2020) masih dalam proses persetujuan. Namun, sebelumnya, pihak hotel telah menyepakati pra perjanjian sementara yang berisi kontrak penggunaan hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 selama sebulan mulai 1 Oktober hingga 31 Oktober 2020.

Sebanyak 90 kamar disiapkan untuk pasien Covid-19 dengan total 150 tempat tidur.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan, The Green Hotel telah disetujui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) menjadi tempat isolasi tambahan.

Update Terbaru (Artikel diperbarui pukul 19.00 WIB) 

Pemerintah Kota Bekasi menyatakan bahwa The Green Hotel Bekasi akan beroperasi sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) mulai pekan depan.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bekasi sekaligus Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan bahwa kepastian tersebut didapat setelah BNPB memberikan persetujuan pada Green Hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

“Izinnya sudah ada. Minggu depan sudah bisa digunakan,” kata pria yang akrab disapa Pepen itu saat dikonfirmasi, Kamis (1/10/2020).

Dia mengungkapkan, Green Hotel memiliki kapasitas sebanyak 90 kamar. Nantinya satu kamar bisa diisi maksimal oleh dua pasien.

“Mereka ada 90 kamar dan kami juga akan menambah kapasitas ruang isolasi yang di Stasion Patriot,” ujarnya.

Meski demikian, Pepen berharap kasus Covid-19 di Kota Bekasi bisa turun dan terus dapat dikendalikan dengan baik. Untuk itu, kedisiplinan dan kerja sama masyarakat sangat dibutuhkan.

“Tolong disiplin patuhi protokol kesehatan. Kita sama-sama ingin Covid-19 ini bisa terus turun angkanya,” kata Pepen. 

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers