web analytics
  

PENGUMUMAN PRAKERJA GELOMBANG 10: 116.261 Orang Akan Lolos, Ini Penjelasannya

Kamis, 1 Oktober 2020 07:04 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Nasional, PENGUMUMAN PRAKERJA GELOMBANG 10: 116.261 Orang Akan Lolos, Ini Penjelasannya, pengumuman Prakerja Gelombang 10,prakerja gelombang 10,syarat pendaftaran prakerja gelombang 10,Program Kartu Prakerja

Jadwal pengumuman prakerja biasanya sehari hingga 3 hari setelah ditutup. Namun, hanya 116.261 orang saja yang akan lolos kartu prakerja gelombang 10 ini. (prakerja.go.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Pengumuman kelolosan kartu prakerja biasanya diumumkan keesokan hari hingga beberapa hari setelah gelombang tersebut ditutup. Artinya, kemungkinan, pengumuman prakerja gelombang 10 akan diumumkan sejak Selasa (29/9/2020) hingga beberapa hari berselang. Namun, hanya 116.261 orang saja yang akan lolos kartu prakerja gelombang ini.

Total penerima Kartu Prakerja setelah ditutupnya pendaftaran gelombang 9 pada Senin (21/9/2020) mencapai 5.480.918 atau 98 persen dari total kuota tahun 2020 yang sebesar 5.597.183 orang. Artinya, hanya 116.261 yang akan menerima pengumuman prakerja gelombang 10.

Prakerja gelombang 10 sendiri dibuka Sabtu (26/9/2020) dan ditutup Senin (28/9/2020).

Panitia, melalui prakerja.go.id, mengimbau para pendaftar prakerja untuk berhati-hati terkait pengumuman prakerja gelombang 10. Hal ini karena adanya situs-situs lain yang mirip, seperti Prakerja.id yang tidak terafiliasi dengan program kartu prakerja.

“Kami juga meminta para pendaftar untuk berhati-hati jika menerima email dari alamat domain yang bukan prakerja.go.id. Kami mohon agar email-email seperti itu diabaikan atau dilaporkan sebagai spam,” kata panitia, 14 April 2020.

Program Kartu Prakerja, lanjutnya, tidak memungut biaya apapun dalam proses pendaftaran.

“Kami imbau agar para pendaftar juga selalu berhati-hati jika ada permintaan untuk membayar atau mentransfer sejumlah dana demi mendapatkan Kartu Prakerja,” katanya.

Sementara itu, melalui unggahan Instagram, Senin (28/9/2020), panitia kartu prakerja menegaskan bahwa pengumuman prakerja gelombang 10 akan disampaikan melalui SMS.

“Peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Sobat! Pastikan Sobat tetap menggunakan nomor HP tersebut, ya,” tulis akun prakerja.go.id.

Bagi peserta yang lolos, SMS pemberitahuan berisi ucapan selamat telah diterima di program Kartu Prakerja gelombang 10. Sayangnya, peserta yang tidak lolos tidak akan menerima SMS dari prakerja.

Selain mendapatkan pengumuman prakerja gelombang 10 melalui SMS, Anda bisa mengecek pengumuman di web Kartu Prakerja www.prakerja.go.id. Begini caranya.

1. Klik www.prakerja.go.id

2. Klik “Masuk” di bagian kanan atas situs web

3. Login dengan email dan password yang Anda gunakan ketika mendaftar prakerja gelombang 10.

4. Setelah masuk, Anda akan mengetahui lolos atau tidak dalam program kartu prakerja selain lewat SMS.

Jika lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 10, peserta akan dapat melihat nomor Kartu Prakerja, status saldo, serta nomor akun e-wallet yang sudah didaftarkan pada dasboard akun Kartu Prakerja.

Jika tidak lolos juga akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja berupa keterangan "Kamu Belum Berhasil".

"Kami mengimbau agar seluruh peserta dapat mengecek dashboard pada masing-masing akun secara berkala," ujar Head of Communication Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, kepada Ayojakarta, Selasa (15/9/2020).

Bagi yang lolos dan telah memverifikasi nomor e-wallet, peserta harus menunggu hingga beberapa hari sampai berhasil mendapatkan nomor Kartu Prakerja dan saldo sebesar Rp1 juta di dashboard mereka.

Jika sudah, penerima Kartu Prakerja wajib membeli pelatihan dengan saldo yang sudah terisi. Penerima wajib melakukan transaksi atau pembelian pelatihan pertama dalam kurun waktu 30 hari, terhitung setelah saldo sebesar Rp 1 juta masuk ke dashboard.

Jika tidak, maka saldo tersebut akan hangus dan uang dikembalikan ke rekening Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja. Tidak hanya itu, peserta yang bersangkutan juga akan dicabut kepesertaannya dan masuk dalam daftar hitam program Kartu Prakerja.

Para penerima Kartu Prakerja nantinya akan mendapat subsidi bantuan dengan total Rp3,55 juta. Perinciannya, Rp1 juta untuk membeli pelatihan (tidak bisa dicairkan), Rp600 ribu selama 4 bulan, dan Rp150 ribu untuk pengisian survei dan rating pelatihan.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers