web analytics
  

Wajib Dicoba! Ini 5 Batagor Enak di Bandung

Rabu, 30 September 2020 17:33 WIB Fira Nursyabani
Gaya Hidup - Kuliner, Wajib Dicoba! Ini 5 Batagor Enak di Bandung, Batagor Bandung,Batagor Riri,Batagor Coy,Batagor Abuy,Batagor enak Bandung,Batagor Haji Isan,Batagor Kingsley,Kuliner Bandung,oleh-oleh Bandung

Batagor Haji Isan. (dok. Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Batagor memang sangat identik dengan Bandung. Kuliner ini merupakan perpaduan bakso dan tahu yang digoreng sampai garing dan disajikan dengan bumbu kacang.

Meski garing, tekstur dalamnya tetap empuk. Dan walaupun hanya terdiri dari bakso dan tahu, batagor selalu sukses membuat penikmatnya ketagihan.

Biasanya, batagor dimakan sebagai camilan atau pengganjal perut. Penganan ini juga banyak diburu pelancong untuk dijadikan oleh-oleh.

Berikut Ayobandung.com rangkum 5 batagor favorit yang wajib dicoba di Kota Bandung.

1. Batagor Riri

Batagor Riri berada di Jalan Burangrang, Kota Bandung. Tak heran, batagor ini juga banyak disebut Batagor Burangrang.

Batagor Riri (Instagram/@batagor_riri)

Sejak 1985, Batagor Riri menyuguhkan batagor tenggiri bertekstur lembut dan renyah. Penyajiannya tentu saja dengan saus kacang yang diberi sedikit perasan jeruk nipis.

Selain untuk camilan, Batagor Riri juga cocok untuk oleh-oleh.

 

2. Batagor Kingsley

Kedai Batagor Kingsley terletak di Jalan Veteran No.5 Kota Bandung. Batagor ini sudah ada di Bandung sejak 1982.

Batagor Kingsley (Instagram/@batagorkingsley.id)

Keunikan Batagor Kingsley adalah ukurannya yang super besar. Rasanya pun patut diacungi jempol karena sangat berasa ikan tenggirinya.

Batagor Kingsley tersedia dalam bentuk kemasan sehingga bisa dibawa sebagai buah tangan.

 

3. Batagor Haji Isan

Kedai batagor lainnya yang terkenal di Bandung adalah Batagor Isan. Batagor Haji Isan menjadi pelopor batagor di Bandung sejak 1968.

"Awal mulanya saya menjual batagor dengan cara berkeliling, setelah mendapatkan banyak respon dari pembeli sekitar akhirnya saya membuka usaha sendiri yang bernama Batagor Isan," jelas Haji Isan kepada Ayobandung.com.

Batagor Haji Isan. (dok. Ayobandung.com)

Ia mengatakan gerainya sudah tersebar di beberapa titik, seperti di Jalan Cikawao dan Jalan Ciateul. Pengunjung yang penasaran dengan gerai pusatnya bisa datang ke Jalan Bojongloa No 38, Kota Bandung.

Batagor Haji Isan mempunyai rasa yang unik. Batagornya memiliki tekstur yang kenyal serta rasa yang gurih, yang disantap dengan bumbu kacang yang manis. Hingga kini Batagor Haji Isan banyak dijadikan buah tangan oleh wisatawan

 

4. Batagor Abuy

Dijual sejak 1983, Batagor Abuy masih eksis dengan ciri khasnya yakni bentuk batagor yang bulat dan rasa tenggirinya yang kuat. Kedai pusat batagor ini berlokasi di Jalan Lengkong Besar No.47 Bandung.

Batagor Abuy. (Instagram/@batagorabuy.bdg)

Namun pembeli bisa menemukan Batagor Abuy di sejumlah cabang yakni di Mayasari Kebon Kawung, Mayasari Pasteur, Toko oleh-oleh H. Amir Pasteur, Rest Area KM 125 Tol Purbaleunyi, Setiabudi Supermarket, dan Ujenk Mart Jalan dr Otten No.1.

 

5. Batagor Coy

Batagor Coy terletak di Jalan Ir. H. Juanda Dago yang strategis dan sudah terkenal seantero Bandung. Batagor yang dijual di sini agak berbeda dengan batagor pada umumnya.

Meski sama-sama memakai ikan tenggiri sebagai bahan utama, tapi Batagor Coy tampil lebih istimewa. Salah satunya dengan berani menyajikan batagor yang berisi keju mozzarella. Bisa dibilang ini adalah batagor isi mozzarella pertama yang ada di Bandung.

Batagor Coy. (Ayobandung.com/Anggun Nindita)

Selain batagor, di sini ada juga inovasi sosis mozzarella. Ingat, ini bukan sosis biasa. Sosis ini dibalut dengan adunan batagor yang disajikan dengan lelehan keju mozzarella.

Mau menu yang lebih unik? Batagor Coy juga punya menu batagor serba hitam yang diberi nama Blacktagor. Jangan terkecoh dengan penampilannya yang berwarna hitam ya, tapi rasa dari Blacktagor ini bolehlah diadu. Soalnya menu Blacktagor disajikan bersama saus keju yang super gurih.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers