web analytics
  

Dokter Persib Wanti-wanti Pemain Terus Lakukan Protokol Kesehatan

Rabu, 30 September 2020 15:23 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Dokter Persib Wanti-wanti Pemain Terus Lakukan Protokol Kesehatan, Dokter tim Persib Bandung Raffi Ghani,Protokol kesehatan Persib,Pemain persib Positif Covid-19

Dokter tim Persib Bandung M. Raffi Ghani. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Dokter tim Persib Bandung, M. Raffi Ghani tak henti mengingatkan skuat Maung Bandung untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Apalagi pada awal-awal merebaknya virus Corona, Persib menjadi tim sepak bola Indonesia pertama yang salah satu pemainnya sempat positif covid-19. 

Berkaca pada kondisi tersebut, Raffi menegaskan betapa pentingnya untuk menerapkan protokol kesehatan secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari.

Dia juga selalu memaparkan beberapa protokol kesehatan yang harus dilakukan para pemain agar tak terinfeksi virus corona.

"Kalau saya sudah beberapa kali sudah memaparkan beberapa protokol kesehatan. Jadi yang paling penting untuk mereka mengetahui esensi dibuatnya protokol kesehatan itu buat apa. Artinya supaya jangan terpapar dan memaparkan," kata Raffi di Graha Persib.

Raffi menyadari di masa pandemi ini semua pihak berisiko tertular dan menularkan virus corona. Karenanya, Raffi meminta seluruh awal skuat Pangeran Biru bisa memaknai esensi protokol kesehatan dengan baik.

"Saya sudah ungkapkan semua terhadap pelatih, pemain, dan ofisial, mudah-mudahan kita semua terhindar, meski gak tahu apa kedepannya. Yang penting esensi protokol kesehatan diikuti dengan baik. Artinya saya menekankan empat, pakai masker jangan usap wajah saat kita tidak yakin tangan kita bersih, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak bicara," kata Raffi.

Selain menjaga pola hidup bersih, Raffi juga mengingatkan tim agar menjaga pola hidup sehat dan beristirahat dengan cukup. Selain itu menjaga imunitas tubuh dengan asupan makanan yang baik dan mengontrol tingkat stress.

"Selain itu jaga pola hidup sehat dan istirahat cukup, asupan makanan yang baik, olahraga teratur dan  memanage tingkat stress. Kalau kita bisa menjaga protokol kesehatan, ikuti protokol hidup sehat insyaallah walaupun atas seizin Allah kita terpapar paling OTG gejalanya ringan isolasi nandiri dan kita bisa aktivitas seperti sediakala," jelasnya.

Raffi menambahkan, Persib Bandung secara berkala melaksanakan swab test dan rapid test yang menjadi salah satu regulasi yang harus dilakukan seluruh tim Liga 1. Khusus, Swab test PCR dilakukan setiap dua minggu sekali.

"Ini satu regulasi yang ditetapkan oleh PSSI dan PT LIB. Kita hitung antara 11-12 kali kita akan melakukan ini. Mudah-mudahan hasilnya baik sesuai dengan harapan kita. Dan, kalau Liga bergulir kita bisa melaksanakan Liga dengan protokol kesehatan yang baik dan hasilnya pun insyaallah baik," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers