web analytics
  

Dilarang Minum dan Makan 4 Hal Ini Setelah Olahraga

Rabu, 30 September 2020 09:14 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Dilarang Minum dan Makan 4 Hal Ini Setelah Olahraga, tips olahraga,makanan setelah olahraga,minuman setelah olahraga,Diet Sehat,larangan makanan saat olahraga

[Ilustrasi] Sejumlah makanan yang dikonsumsi setelah olahraga akan membahayakan tubuh. Karena itu, ahli kesehatan merekomendasikan tidak makan 4 hal ini setelah berolahraga. (Ayobandung.com/Ryan Suherlan/Magang)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah makanan yang dikonsumsi setelah olahraga akan membahayakan tubuh. Karena itu, ahli kesehatan merekomendasikan tidak makan 4 hal ini setelah berolahraga.

Melansir dari Cosmopolitan, Pelatih Kesehatan Gizi Integratif Amy Wright menyatakan, ada beberapa asupan yang harus dihindari setelah olahraga, antara lain.

1. Makanan Rendah Karbhidrat

Wright menyarankan mengonsumsi makanan karbohidrat sehat seperti stroberi, pisang, blueberry, dan kiwi.

Dia juga merekomendasikan biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.

"Ini akan memastikan Anda memiliki energi yang berkelanjutan sepanjang hari," saran ahli nutrisi tersebut.

2. Minuman Isotonik

"Jika Anda bukan atlet lari maraton profesional, saya sarankan untuk menghindari minuman olahraga karena kerap sangat tinggi gula, pemanis, atau bahan kimia," kata Wright.

3. Makanan yang Digoreng

Wright merekomendasikan untuk menghindari makanan cepat saji yang digoreng karena mengandung sedikit manfaat kesehatan dan lemak trans berbahaya.

"Saya sangat berhati-hati untuk menghindari makanan ini setelah berolahraga, karena kandungan lemaknya yang tinggi dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat saya merasa lesu," kata Wright. 

Alih-alih memilih makanan yang digoreng, pilih protein yang dipanggang atau dikukus seperti ikan atau ayam, bersama dengan karbohidrat kompleks seperti nasi rebus, ubi panggang, atau sayuran panggang. 

4. Kafein

Minuman berkafein seperti kopi dapat menjadi penambah energi yang bermanfaat sebelum berolahraga dan bahkan dapat meningkatkan kinerja olahraga.

"Sayangnya kafein setelah olahraga dapat membuat tubuh dehidrasi, jadi saya tetap menggunakan air untuk rehidrasi setelah berolahraga," ujar Wright.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers