web analytics
  

Kecamatan Antapani, Wilayah dan Penduduknya Terkini

Rabu, 30 September 2020 16:54 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bandung Raya - Bandung, Kecamatan Antapani, Wilayah dan Penduduknya Terkini, Kecamatan Antapani,Antapani,Bandung,Data Kecamatan Antapani,Informasi Kecamatan Antapani

Jalan layang "Pelangi" Antapani, Kota Bandung (https://bandungkota.bps.go.id/)

ANTAPANI, AYOBANDUNG.COM -- Kecamatan Antapani, dengan luas total 400,54 hektare, terdiri dari empat kelurahan, yaitu Antapani Kidul, Antapani Tengah, Antapani Wetan, dan Antapani Kulon. Antapani Wetan, yang tercatat seluas 115 hektare, merupakan yang terluas dari keempatnya. Kecamatan hasil pemekaran yang diresmikan pada 14 April 2007 ini memiliki banyak kompleks permukiman skala menengah dan kecil yang tumbuh cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Merujuk dokumen Kecamatan Antapani dalam Angka 2019 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Antapani, yang wilayahnya berada di ketinggian 682-686 meter di atas permukaan air laut, terdiri dari 62 Rukun Warga (RW) dan 335 Rukun Tetangga (RT). Kelurahan Antapani Tengah menjadi penyumbang terbanyak dengan masing-masing 24 RW dan 113 RT.

Dokumen yang sama, sayangnya, tidak mencantumkan data tentang jumlah penduduk Antapani yang dimutakhirkan. Hanya tercantum jumlah penduduk Antapani Kidul dan Antapani Kulon per 2018 masing-masing 23.459 jiwa dan 8.957 jiwa.

Pendidikan dan Kesehatan

Untuk memberikan layanan pendidikan bagi warga, di Antapani terdapat 14 unit Sekolah Dasar (SD) dengan 7.006 murid dan 306 guru. 

Di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), terdapat 4 unit sekolah dengan 2.583 murid dan 120 guru. Juga tercatat 1 unit Madrasah Tsanawiyah (Mts) tanpa rincian jumlah murid dan guru. 

Di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), terdapat 2 unit sekolah dengan 979 murid dan 68 guru. Juga tercatat 1 unit Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan 55 murid dan 7 guru. 

Untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga, di Kecamatan Antapani terdapat 1 rumah sakit, 6 rumah sakit bersalin, 3 puskesmas, 69 posyandu, serta 4 balai pengobatan. 

Kecamatan Antapani pada 2018 melaporkan ada 294 kepala keluarga (KK) sebagai penerima program beras miskin (raskin). Seluruhnya berasal dari Kelurahan Antapani Tengah. 

Lahan dan Perdagangan 

Masih ada lahan sawah di Antapani. Luasnya 2,4 hektare, tersebar di keempat kelurahan. Luas ini tidak sebanding dengan lahan bukan sawah yang diketahui seluas 399,14 hektare. Dari luasan tersebut, sebanyak 348,5 hektare di antaranya diperuntukkan perumahan dan pekarangannya. 

Di Kecamatan Antapani, tidak tercatat adanya industri besar dan menengah. Yang dilaporkan adalah 96 industri kecil atau kerajinan rumah tangga (IKKR) yang tersebar di empat kelurahan. 

Tidak ada pasar atau pasar induk di Antapani. Yang tercatat adalah 4 kelompok petokoan, 12 minimarket, 2 departement store, dan 19 supermarket. 

Banyak Kompleks Perumahan

Antapani merupakan salah satu kawasan di Kota Bandung tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu penandanya adalah berdirinya perumahan-perumahan baru. Tidak hanya kompleks yang luas, tapi juga klister-klaster yang berisi belasan unit rumah.

“Kecamatan Antapani memiliki 45 kompleks dan perumahan nasional (Perumnas). Karenanya, ada kekurangan dan kelebihan dari banyaknya hunian di kecamatan dengan empat kelurahan ini.  Jadi di wilayah kami, ada sekitar 35 persen dari luas wilayah Kecamatan Antapani merupakan komplek," ujar Camat Antapani Ace Hermansyah dalam acara Bandung Menjawab, Selasa(6/10/2015).

Bersamaan dengan tumbuhnya kegiatan ekonomi di kawasan tersebut, muncul juga beberapa permasalahan baru. Salah satunya adalah makin besarnya volume air hujan yang melimpas ke badan jalan sehingga menimbulkan genangan atau cileuncang.  

Editor: Tri Joko Her Riadi

artikel terkait

dewanpers