web analytics
  

1 Oktober, The Green Hotel Bekasi Siap Tampung Pasien OTG Covid-19

Rabu, 30 September 2020 15:37 WIB
Umum - Regional, 1 Oktober, The Green Hotel Bekasi Siap Tampung Pasien OTG Covid-19, The Green Hotel Bekasi,Orang Tanpa Gejala (OTG),OTG Covid-19,Berita Bekasi Hari Ini

Ilustrasi hotel. (Unsplash/Marten Bjork)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM  -- The Green Hotel di Bekasi Selatan akan menerima pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) mulai Kamis (1/10/2020).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi, dr Rina Oktavia, mengatakan prosedur yang diterapkan baik hotel akan sama dengan Rumah Sakit Darurat (RSD) Stadion Patriot Candrabhaga.

"Jadi pasien positif ini lapor dulu ke RT/RW, nanti mereka lapor ke puskesmas," kata Rina, kepada wartawan, Rabu (30/9).

Setelah itu, kata Rina, pihak puskesmas akan turun ke lapangan dan dilihat rumahnya. Apabila dalam peninjauan rumahnya tidak layak untuk melakukan isolasi mandiri, maka kepala puskesmas langsung komunikasi ke pihak Dinas Kesehatan.

"Bahwa mereka tidak ada gejala, tidak ada komorbit, rumahnya difoto langsung kasih ke kami nanti kami screening. Kalau memang terpenuhi syarat itu. Baru bisa kami terima di sini," tutur dia.

Selanjutnya, setelah masuk ke RSD Stadion/hotel, tiga hari selanjutnya pasien akan kembali dites usap. Apabila hasilnya negatif, akan ditinjau oleh dokter konsulennya. Jika diizinkan pulang, maka pasien boleh pulang dan melanjutkan isolasi mandiri di rumah.

"Dia masuk, tiga hari dari dia masuk itu kita lakukan swab. Kalau hasilnya negatif kita langsung konsul ke dokter konsulen, dr Antony, kalau misalnya dia bilang boleh pulang, ya kita pulangin," terangnya.

Apabila ada pasien yang masih negatif hasil swab-nya, maka isolasi akan dilanjutkan. Selain itu, jika pasien kondisinya semakin memburuk, maka dokter konsulen akan merujuk ke rumah sakit terdekat.

"Kalau punya keluhan misalnya ada batuk atau sesak. Kita rujuk ke RS rujukan," tambahnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers