web analytics
  

Dampak Liga 1 2020 Ditangguhkan, Timnas Indonesia U-19 Tunda Kepulangan

Rabu, 30 September 2020 11:21 WIB
Olahraga - Sepak Bola, Dampak Liga 1 2020 Ditangguhkan, Timnas Indonesia U-19 Tunda Kepulangan, Timnas U-19,Kepulangan Timnas U-19,Dampak Ditangguhkan Liga 1,Sepakbola Nasioanal

Para pemain Timnas Indonesia U-19. (dok. PSSI)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Penangguhan kompetisi Liga 1 2020 lantaran tidak keluarnya izin dari kepolisian, dengan alasan pandemi COVID-19 yang masih mengkhawatirkan ternyata berdampak pada rencana kepulangan Timnas Indonesia U-19 ke Tanah Air.

 Menurut Ketua Umum  PSSI, Mochamad Iriawan, tadinya ia berencana memulangkan armada Shin Tae-yong ke Indonesia karena belum ada jawaban pasti dari Federasi Sepakbola Turki untuk melakukan training camp (TC) lanjutan setelah dari Kroasia. Witan Sulaeman dan kawan-kawan tadinya direncanakan balik karena bakal bisa bermain di Liga 1 dan 2 2020.

Sayangnya, kompetisi akhirnya batal restart sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu, PSSI memutuskan skuat Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-19-- akan tetap berada di Eropa.

"Timnas U-19 saat ini masih berada di Kroasia. Rencananya memang awal Oktober (2020) mereka akan kembali pulang ke Indonesia karena akan bergabung dan bermain dengan klub masing-masing," buka Iriawan dalam keterangannya kepada awak media.

"Tapi karena Liga 1 dan 2 ditunda, maka kami memutuskan mereka tetap di luar negeri. Karena kepulangan mereka akan sia-sia dan tidak berarti apa-apa pada peningkatan skill," ia menambahkan.

Jika memang tidak bisa melanjutkan TC ke Turki, PSSI memutuskan Timnas Indonesia U-19 akan tetap berada di Kroasia. Meski begitu, PSSI berencana kembali menghadirkan lawan-lawan kuat untuk menjajal kemampuan skuat Garuda Nusantara dalam laga uji coba.

"Kalau bisa kami akan TC di Turki, namun kalau memang tidak bisa kami akan melanjutkan TC di Kroasia," jelas Iriawan. "Jika memang harus melanjutkan TC di Kroasia, nantinya Timnas U-19 akan kembali beruji coba dengan tim-tim kuat yang ada di sana. Jadi, pemain bisa terus mengasah kemampuan yang sudah dimiliki sekarang," pungkasnya.

Selama TC di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 sudah melakoni tujuh kali laga uji coba. Garuda Nusantara sudah beruji coba melawan Bulgaria (kalah 0-3), Kroasia (kalah 1-7), Arab Saudi (seri 3-3), serta dua kali melawan Qatar (menang 2-1 dan seri 1-1), Bosnia (kalah 0-1), serta Dinamo Zagreb U-19 (menang 1-0).

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dudung Ridwan
dewanpers