web analytics
  

Depok Siapkan 3 Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Rabu, 30 September 2020 11:28 WIB
Umum - Regional, Depok Siapkan 3 Rumah Sakit Rujukan Covid-19, Rumah Sakit Covid-19,Rumah Sakit Covid-19 Depok,Rumah sakit Covid-19 Jabar,Depok

Ilustrasi rapid test Covid-19. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

DEPOK, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Depok mengatakan, baru ada tiga rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19. Rumah sakit itu antara lain Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI), RS Brimob, dan RSUD Depok.

Mengingat Kota Depok akan menjadi tempat penampungan pasien untuk isolasi dari Jawa Barat.

"Ada tiga rumah sakit, yaitu RS UI, RSUD, dan RS Brimob," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Depok Hardiono kepada SuaraJakarta.id, Rabu (30/9/2020).

Terkait rencana Depok bakal menjadi tempat penampungan pasien Covid-19 dari Jawa Barat, Hardiono mengatakan bahwa hanya RS UI yang sudah dikunjungi Menteri Kesehatan kesiapan sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19.

"Baru RS UI sudah dikunjungi Menkes beberapa hari lalu. Kunjungan itu untuk memastikan kesiapan Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Kota Depok," kata Hardiono.

Kota Depok sudah melakukan upaya penyediaan tempat isolasi mandiri. Bahkan, akan ada kerja sama dengan Tentara Republik Indoensia (TNI) mengenai fasilitas Wisma Atlet di Cilodong.

“Di Kota Depok terdapat Wisma Atlet milik Kostrad yang memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 600. Lalu lokasinya pun berdekatan dengan Batalyon kesehatan," kata Hardiono.

Ia menuturkan, Pemerintah Kota Depok optimistis bersama semua pihak bisa menjadi pengurai kasus Covid-19.

"Serta didukung fasilitas pelayanan kesehatan yang bisa dikembangkan,” tuturnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengaku belum ada koordinasi soal Depok menjadi tempat rujukan penampungan pasien dari Jawa Barat.

Meski begitu, Dadang mengaku bahwa untuk ketersediaan tempat tidur Rumah Sakit untuk pasti Covid-19 Depok saja belum cukup.

"Belum ada koordinasi tentang itu, kita masih mengakses Wisma Atlet untuk merujuk pasien dari Depok. Saat ini kita sedang fokus siapkan penambahan tempat tidur dan ruang ICU di RSUD," kata Dadang.

Dadang mengatakan, untuk rumah sakit rujukan pasien Covid-19 baru RS UI yang menjadi rujukan nasional.

"Di Depok memang ada RS rujukan nasional, yaitu RS UI. Di RS UI kemarin sudah ditinjau oleh Pak Menkes," ujar Dadang.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers