web analytics
  

Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya dengan Makanan Alami

Rabu, 30 September 2020 05:34 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya dengan Makanan Alami, Bau Mulut,penyebab bau mulut,obat bau mulut,cara mengatasi bau mulut secara alami

[Ilustrasi] Jika mengalami masalah bau mulut, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan bahan-bahan alami di dapur. Harganya murah dan mudah didapat. Namun, sebelumnya, apa penyebab dari bau mulut yang berkepanjangan? (Pixabay/Mudassar Iqbal)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Jika mengalami masalah bau mulut, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan bahan-bahan alami di dapur. Harganya murah dan mudah didapat. Namun, sebelumnya, apa penyebab dari bau mulut yang berkepanjangan?

Bau mulut berkepanjangan bisa mengganggu orang-orang sekitar, bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri. Melansir halodoc, setidaknya ada 6 penyebab Anda bau mulut, mulai dari mulut kering hingga sakit kanker.

Penyebab Bau Mulut

1. Tembakau

Tembakau meningkatkan kecenderungan timbulnya penyakit gusi yang menjadi sebab bau mulut.

2. Makanan

Partikel yang pecah dan tersangkut di gigi ketika makan dapat menyebabkan bau mulut. Bawang dan bawang putih adalah contoh dari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut.

3. Mulut Kering

Manfaat dari air liur adalah untuk membersihkan mulut. Mulut yang kering atau kering karena penyakit tertentu, seperti xerostomia (mulut kering), bau dapat terjadi.

4. Kebersihan Gigi

Gigi yang tidak bersih karena masih menyisakan partikel kecil makanan bisa menyebabkan bau mulut.

Plak bakteri gara-gara tak teliti saat menyikat gigi bisa menyebabkan iritasi gusi. Bahkan, gigi palsu yang tidak dijaga kebersihannya bisa menampung bakteri.

5. Obat-Obatan

Beberapa obat tertentu dapat mengurangi air liur dan meningkatkan bau.

6. Penyakit

Penyakit, seperti kanker, gagal hati, dan penyakit metabolisme lainnya dapat menyebabkan bau mulut. Hal tersebut disebabkan karena campuran bahan kimia tertentu yang mereka hasilkan. Penyakit refluks gastroesofageal (GERD) atau asam lambung yang berlebihan juga dapat menyebabkan bau mulut, karena refluks asam lambung ke atas.

Cara mengatasi bau mulut

Menurut seorang konsultan dental dari Rumah Sakit Aakash Healthcare Super Specialty, Bhumika Madan, bahan-bahan seperti kayu manis, cuka sari apel, hingga peterseli, dapat menjadi solusi masalah bau mulut.

Berikut daftar lengkap cara membuat obat kumur alami yang didapatkan dari bahan-bahan sederhana, dilansir dari Zeenews.com.

1. Kayu manis dan cengkeh

Ambil satu cangkir air dan tambahkan 10 hingga 15 tetes minyak kayu manis dan cengkeh. Aduk meratakan dan jadikan campuran tersebut sebagai obat kumur alami.

2. Cuka sari apel

Campur dua sendok makan cuka sari apel, garam dan minya esensial vanila ke dalam satu cangkir air. Aduk dengan rata dan simpan dalam sebuah botol untuk digunakan sebagai obat kumur alami.

3. Peppermint dan minyak teh

Cara membuatnya juga mudah. Cukup campurkan dua sendok teh baking soda, delapan daun peppermint dan dua tetes minyak teh ke dalam secangkir air. Campur semua bahan dengan baik. Sebelum digunakan, pastikan bahan tersebut dikocok dengan baik karena baking soda biasa mengendap di bagian bawah.

4. Peterseli dan mint

Kali ini, ambil blender dan tambahkan dua sendok makan peterseli, dua sendok makan mint, satu cangkir air, dan putar dalam blender selama sekitar dua menit. Tuangkan ke saringan untuk menghilangkan ampas herbal yang tersisa. Simpan isi air saringan ke dalam sebuah botol dan tutup dengan rapat.

5. Air asin

Ini adalah obat kumur paling sederhana dan hanya membutuhkan satu cangkir air hangat dengan tambahan satu sendok makan garam.Dengan penggunaan secara teratus seperti setelah makan, sebelum dan sesudah bangun tidur, niscaya masalah bau mulut akan segera hilang. Selamat mencoba!

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers