web analytics
  

Mudahkan Wisatawan, Asparnas Jawa Barat Dorong Digitalisasi

Selasa, 29 September 2020 22:58 WIB Tri Junari
Gaya Hidup - Wisata, Mudahkan Wisatawan, Asparnas Jawa Barat Dorong Digitalisasi, Asparnas Jawa Barat,Digitalisasi Wisata,Wisata di Jawa Barat

Pengukuhkan pengurus DPD Asparnas Jawa Barat. (Tri Junari)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Jawa Barat terbentuk. Kehadiran lembaga non pemerintah berisi pelaku usaha tour guide, tour and travel serta pengusaha wisata lainnya diharapkan memperkuat perkembangan geliat wisata di Jabar.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asparnas, Ngadiman mengatakan, latar belakang terbentuknya Asparnas berawal dari perkumpulan pelaku usaha tour guide. Namun jika berbicara ekosisten wisata tentu banyak sub sektor lain yang terlibat didalamnya. 

"Ekosistem pariwisata meliputi tour guide, tour n travel, hotel, hiburan, rekreasi, transportasi termasuk UMKM pariwisata membutuhkan integrasi dan kolaborasi untuk memperkuat iklim pariwisata kita," ungkap Ngadiman usai mengukuhkan pengurus DPD Asparnas Jawa Barat di objek wisata The Great Asia Afrika, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (29/9/2020).

Hingga saat ini struktur kepengurusan Asparnas telah terbentuk di 34 provinsi, awal tahun 2021 Ngadiman memasang target struktur pengurus rampung hingga tingkat kabupaten/kota bahkan kecamatan.

"Saya baru menjabat beberapa bulan, tentu kita secara bertahap mengukuhkan kepengurusan sampai tingkat kecamatan," sebutnya.

Dalam konteks program kerja, Asparnas bertekad membantu pemerintah membangkitkan dan memperkuat sektor pariwisata nasional melalui platform terarah. Salah satunya vokasi pelatihan kerja dan pemasaran produk UMKM.

"Bedanya kami dengan asosiasi pariwisata lainnya kita memiliki platform penguatan dan inovasi terintegrasi, menciptakan peluang usaha baru wisata salah satunya penguatan UMKM," terang dia.

Saat ini tercatat ada 1 juta anggota bergabung di Asparnas, jika registrasi sudah rampung tidak menutup kemungkinan jumlah anggota di kisaran 3 juta anggota.

"Digitalisasi usaha, bantuan modal dengan memberikan rekomendasi pinjaman kepada Perbankan. Vokasi kalangan mahasiswa untuk menjadi enteurpreuneur dan megkolaborasi hobi menjadi penunjang sektor pariwisata," tandasnya.

Di tempat sama, Ketua DPD Asparnas Jawa Barat, Rd Rossana Bartaji berjanji akan menjalin kemitraan dengan Pemerintah, pelaku usaha pariwisata dan masyarakat lokal untuk bersama-sama memajukan dunia pariwisata Indonesia, terutama pada penguatan SDM.

"Kami akan bersinergi mendukung program Jabar Juara dengan turut meningkatkan profesionalisme di sektor pariwisata," ujar dia.

Saat ini, tambah dia, Asparnas Jawa Barat sudah membentuk kepengurusan di 16 kabupaten kota. Ia juga berjanji dalam waktu dekat semua struktur pengurus lengkap awal tahun 2021.

"Programnya bisa sertifikasi pemandu wisata dan memasukkannya ke dalam platform aplikasi digital agar memudahkan wisatawan memilih langsung pemandu wisata dengan kualitas terjamin," katanya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers