web analytics
  

Lemon dan Kayu Manis, 2 Bahan Antiseptik Alami Untuk Anak

Selasa, 29 September 2020 22:39 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Lemon dan Kayu Manis, 2 Bahan Antiseptik Alami Untuk Anak, Kayu Manis,Lemon,Antiseptik Alami

Kayu Manis dan Lemon. (steptohealth.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bahan kimia yang terkandung  dalam antiseptik bisa menjadi sumber alergi yang bisa mengganggu pernapasan.

Founder merek perawatan tubuh bayi dan anak asal Indonesia, Beauty Barn Indonesia, Welly Ng mengatakan ada bahan alami yang bisa dijadikan sebagai antiseptik yang aman terutama bagi anak-anak.

"Sebenarnya banyak sekali bahan-bahan natural dari alam yang ketika diformulasikan bersama-sama, bisa menjadi bahan antiseptik yang bukan hanya aman bagi anak-anak, tetapi juga untuk ibu hamil, menyusui dan untuk mereka yang memiliki alergi pernapasan pada aroma yang menyengat akibat bahan kimia berbahaya yang ada di dalam disinfektan tersebut," Kata Welly.

Salah satu bahan alami yang bersifat antibakteri menurut Welly adalah kayu manis.

Lewat sebuah penelitian dari Swinburne University of Technology oleh Dr Sanjida Topa, senyawa Cinnamaldehyde (CAD) yang ada dalam aroma dan citarasa kayu manis dapat menerobos biofilms, lapisan pelindung yang dibangun oleh bakteri untuk menyerang sistem imun melalui infeksi.

Selain itu, kayu manis juga disebut-sebut memiliki khasiat anti-fungal atau anti-jamur.

"Umumnya dalam udara terdapat begitu banyak bakteri juga virus ditambah kelembaban juga suhu yang terus berubah, kadang kita sering menemukan jamur di sekitar kita," kata dia.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers