web analytics
  

Perjalanan Elastico 7, Fesyen Olahraga Lokal Kualitas Internasional

Selasa, 29 September 2020 22:14 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Fashion, Perjalanan Elastico 7, Fesyen Olahraga Lokal Kualitas Internasional, Elastico 7,Fesyen Olahraga,Fesyen Bandung

Elastico 7. (Istimewa)

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM -- Industri pakaian di Indonesia sudah begitu banyak. Begitu pula yang mempunyai prestasi hingga mendunia seperti Elastico 7, merek perusahaan pakaian yang menggarap khusus segmen fesyen olahraga.

Elastico7 yang berkududukan di Bandung, merupakan rintisan Rizky Oktarahman bersama sahabatnya Riyadi satu dekade silam. Berawal dari mimpi yang gagal diraih sebagai pemain sepak bola, Rizky mulai merajut bisnis bersama sahabatnya itu menjual pakaian olahraga. 

Memang bukan hal mudah memulai suatu usaha. Namun kecintaannya dengan olahraga dan visi yang sama bersama Riyadi, Elastico7 kemudian melahirkan inovasi-inovasi fesyen olahraga, mulai dari jersey, kaos kaki, jaket, hingga andalannya adalah baselayer.

"Kami memulai bisnis pakaian di bidang olahraga, salah satunya sepakbola dan futsal," tutur Rizki saat ditemui di tempat produksi Elastico 7 di kawasan Sukajadi, Bandung, Selasa (29/9/2020).

Selama 10 tahun perjalanan Elastico 7, tak hanya mendapat profit bisnis, namun prestasi untuk merek lokal. Elastico 7 pernah menjadi sponsor jersey Tim Nasional Indonesia pada ajang Homeless World Cup 2014 di Chili. Saat itu merek Elastico 7 bisa bersanding dengan merek-merek terkenal di dunia. 

Selain itu, ada komunitas futsal Indonesia di Jepang yang menggunakan merek ini. Malah orang luar Indonesia pun turut mempromosikan Elastico 7.

Elastico 7 pun sangat diterima di luar negeri, terbukti, pemain Malaysia Safee Sali yang juga membantu memasarkan produk kami di negaranya," katanya.

Manajer Operasi Elastico 7 Rian Praya Nugraha menerangkan, salah satu kunci pihaknya dapat bertahan hingga sekarang adalah inovasi yang tak pernah terputus. Selain itu selalu menjaga kualitas dari setiap produk yang dibuat. 

Bahkan di saat perekonomian tengah terkoyak oleh pandemi Covid-19, Elastico 7 tetap mengeluarkan inovasi yakni membuat masker. Masker ini disesuaikan dengan kebutuhan pasar sehingga dibuat elegan, namun tetap menimbulkan kesan sporty sebagai ciri khas Elastico 7.

Menurut Rian, inovasi itu selain mengakali masalah tersedatnya pemasukan untuk Elastico 7, juga sebagai kontribusi untuk kesehatan masyarakat. Malah, masker buatannya dipercaya untuk digunakan oleh Sekretariat Negara Istana Kepresidenan RI.

“Kami berharap, Elastico 7 bisa membuktikan bahwa produk lokal Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata, bahkan mampu bersaing dengan produk luar negeri dengan kualitas terbaik,” kata Rian.

Di tempat yang sama, Staf Marketing Elastico 7, Reggi Maesa mengajak berbagai pihak bersama-sama mengampanyekan penggunaan pakaian yang diproduksi dari dalam negeri.

Dia pun menjadi salah satu pihak yang ambil bagian dengan berupaya menggabungkan para produsen dalam negeri terkait kampanye ini dengan diwadahi suatu paguyuban.

Menurutnya, merek-merek dalam negeri, sama seperti Elastico 7, sudah teruji secara kualitas sehingga tak kalah saing dengan produk luar. Yang menjadi keunggulan, selain dari kualitas, secara harga pun dapat ditekan dibanding produk luar.

Khususnya di pasar pakaian olahraga, dia pun berharap, even-even olahraga dalam negeri dalam ikut berkontribusi mendukung gerakan yang tengah digaungkannya.

"Harapan kami ke depan adalah bahwa penyelenggara even-even olahraga besar seperti Liga 1, misalnya, akan memberikan dorongan kepada klub-klub untuk mengedepankan produk apparel dalam negeri," kata Reggi.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers