web analytics
  

4 Rekomendasi Mie Kocok Enak di Bandung

Selasa, 29 September 2020 18:30 WIB Fira Nursyabani
Gaya Hidup - Kuliner, 4 Rekomendasi Mie Kocok Enak di Bandung, Mie Kocok Persib,Mie kocok Mang Dadeng,Mie Kocok Cepay,Mie Kocok Bandung,Mie Kocok SKM,Mie Kocok enak Bandung

Mie kocok Persib. (Ayobandung.com/Fira Nursyabani)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mie kocok Bandung selalu memiliki tempat di hati para penggemar kuliner. Kedai mie kocok memang hampir bisa ditemui di seluruh penjuru Bandung.

Namun ada kedai-kedai legendaris yang sudah menjual mie kocok sejak puluhan tahun lalu dan rasa mienya sudah tak perlu diragukan lagi. Berikut Ayobandung.com rangkum 4 rekomendasi kedai mie kocok enak yang ada di Kota Bandung.

1. Mie Kocok Persib

Mie Kocok Persib merupakan salah satu mie kocok legendaris yang ada sejak 1963. Kedainya berlokasi di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani Nomor 262 Bandung.

Mie kocok Persib (dok. Ayobandung.com)

Sang pemilik, Kustanto, menjelaskan, tempat usahanya itu pertama kali dikelola ayahnya yang bernama Sanep, di Jalan Riau. Baru pada 1995 kedai mie kocok itu bertempat di Stadion Persib.

Mie Kocok Persib dikenal dari mulut ke mulut dan penamaan sendiri berasal dari para pelanggan," katanya kepada Ayobandung.com.

 

2. Mie Kocok SKM

Mie kocok lainnya yang wajib dicoba adalah Mie Kocok SKM yang berlokasi di Jalan Sunda No.38, Kebon Pisang, Sumur Bandung. Kedai mie kocok ini sudah ada sejak 1970-an.

Mie Kocok SKM saat ini dikelola oleh generasi kedua. Pendirinya, Sukirman, sudah meninggal dunia sehingga usahanya diteruskan oleh anaknya, Ponijah.

Nama SKM diambil dari nama Sukirman. Mie kocok ini memiliki ciri khas tersendiri yakni kuahnya yang berwarna kekuningan. Warna itu berasal dari rempah-rempah yang digunakan. Bahkan Mie Kocok SKM sering juga disebut soto mie kocok.

Mie kocok SKM (dok. Ayobandung.com)

Kaki sapi yang digunakan dalam mie kocok ini direbus dengan terlebih dahulu dibelah dua agar sumsumnya bercampur dengan kaldu.

 

3. Mie Kocok Mang Dadeng

Salah satu kedai mie kocok terkenal di Bandung adalah Mie Kocok 'Mang Dadeng' yang berada di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan atau Jalan Banteng No. 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung.

Mulai dikenal sejak 1960-an, usaha mie kocok tersebut kini telah dikelola oleh generasi ketiga, putra Mang Dadeng, yakni Deni, anak sulung dari tujuh bersaudara.

Mie kocok Mang Dadeng (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

Sajian satu mangkuk besar Mi Kocok 'Mang Dadeng' yang laris manis ini terdiri dari mi kuning gepeng, tauge segar, urat, kikil sapi, potongan tulang kaki sapi, seledri, daun bawang, bawang goreng dan jeruk nipis beserta kuah kaldu sapi yang gurih.

Yang membuat berbeda, sajian mi kocok ini adalah terletak di kualitas kikil yang disajikan dengan sangat empuk, kenyal, dan tebal.
 

4. Mie Kocok Cepay

Mie kocok legendaris lainnya adalah Mie Kocok Cepay. Haji Mamat, pengelolanya, meneruskan usaha mie kocok ayahnya yang telah berdiri sejak 1979.

Ciri khas dari mie kocok ini adalah cara memasaknya yang langsung menggunakan arang.

Mie kocok Cepay (dok. Ayobandung.com)

Cara penyajiannya pun terbilang unik. Mie dan tauge disimpan di dalam bak mie dengan menggunakan alas daun yang kemudian dimasukkan ke dalam kocokan. Lalu dimasukkan ke dalam buleng dan disajikan di mangkuk bersama kikil dan kaki sapi. 

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers