web analytics
  

Bon Jovi dan Dukungan yang Tak Pernah Mati

Rabu, 30 September 2020 02:45 WIB Netizen Deffy Ruspiyandy
Netizen, Bon Jovi dan Dukungan yang Tak Pernah Mati, Bon Jovi,Bobotoh Lalajo di TV,Persib,Persib Liga 1

Inovasi dan kreasi menawan ditunjukkan bobotoh saat mendukung Persib Bandung melawan Mitra Kukar, di Stadion GBLA, Minggu (8/4/2018). (Ayobandung.com)

Deffy Ruspiyandy

Penulis Artikel dan Penulis Ide Cerita di SCTV.

AYOBANDUNG.COM -- Pentas sepak bola yang digelar tanpa penonton akan terasa garing pada realitanya. Tapi kali ini aturan mengharuskannya seperti itu. Bon Jovi jadi fenomena tersendiri saat Maung Bandung bertarung menghadapi lawan-lawannya.

Dukungan dari rumah itu begitu jelas dan menegaskan jika Persib tak berjalan sendiri, tetapi ditemani  gelora semangat dan dukungan dari mereka yang nonton di depan televisi untuk mendukung kesebelasan asal Kota Bandung itu untuk menjadi juara.

Tentu saja ada yang hilang kali ini karena bobotoh dilarang hadir di stadion. Benar jika kenyataan ini jelas membuat Persib kehilangan pemasukan, ya itu tadi karena bobotoh takkan bisa membeli karcis karena ada larangan hal itu.

Tetapi hal itu tak serta merta meski menyurutkan dukungan bobotoh terhadap kesebelasan yang didukungnya. Pemain yang bertanding di lapangan hijau jelas ingin memperagakan hal terbaik di hadapan penonton dan butuh sekali dukungan.

Optimalisasi dukungan di stadion rasanya sulit untuk diwujudkan. Hanya hal tersebut kini bisa disiasati yaitu dengan memberikan dukungan dari jarak jauh. Belajar saja bisa dilakukan dengan jarak jauh, maka dukungan ini dapat diberikan secara jarak jauh serta doa yang diberikan akan mendukung mereka yang bermain secara batiniah.

Bon Jovi alias Bobotoh Nu Lalajo di Tivi kali ini benar-benar di manjakan dengan keadaan. Jika dulu mereka yang hanya mendukung di rumah belumlah dikatakan sebagai bobotoh sejati karena tak datang ke stadion.

Memang lain ceritanya, mereka yang menonton langsung ke stadion akan memiliki keterikatan emosi yang lebih kuat dan mungkin ekspresif kala menumpahkan kegembiraan ataupun kekesalan. Tapi nanti dulu, itu keliru besar, sebab mereka yang menonton di rumah pun tetap punya ikatan emosional yang kuat dan terbukti benar jika bobotoh yang nonton di rumah lebih besar dibanding yang datang ke stadion apalagi kuota kursi duduk penonton terbatas. Kecintaan mereka terhadap kesebelasan kebanggaan Kota Bandung ini pun tak perlu diragukan lagi.

Virus corona menjadikan PT LIB membuat regulasi yang melarang sisa pertandingan musim kompetisi 2020/2021 disaksikan penonton. Tentu saja aturan ini adalah hal yang mengecewakan bobotoh, namun ada yang lebih penting yaitu menyelamatkan orang-orang dari terpapar virus corona yang cukup membhayakan.

Pertandingan Persib tanpa penonton pernah dilakukan saat mendapatkan sanksi dari PT LIB. Hasilnya tak memuaskan, karena Persib seperti lesu darah hingga banyak kalahnya dibanding dengan menangnya. Hal ini membuktikan jika satu kesebelasan tanpa dukungan penonton membuat kehebatan bertandingnya menurun dan nyaris tak berdaya menghadapi lawan-lawannya.

Kali ini tidak seperti itu karena Persib sedang tidak disanksi. Semua akan merasakan sama, malahan klub-klub di luar pulau Jawa harus bertanding di tanah Jawa.

Tentunya Bon Jovi hadir memberi dukungan dari rumah mereka masing-masing dan di rumah akan lebih aman ketimbang menyelenggarakan nobar jika tidak bisa melaksanakan protokol kesehatan secara baik.

Artinya, dukungan yang diberikan tetap besar tapi tak bisa langsung ke stadion. Jelas hal ini tidak enak bagi Persib, tetapi yakinlah bahwa para penggawa yang ada akan berjuang guna mewujudkan prestasi terbaik itu menjadi juara pada kompetisi kali ini.

Bobotoh selalu ada di mana-mana dan tetap memberi dukungan walaupun sebatas dukungan moril dari jarak jauh dan hal itu merupakan wujud cinta kepada kesebelasan yang menjadi kebanggaan Kota kembang ini.

Dengan begitu, terlepas  dari rasa kecewa tak bisa ke stadion, setidaknya itu bisa dikesampingkan jika para Bon Jovi mampu menikmati tayangan siaran langsung di layar kaca.

Karenanya, siapkanlah mental sebaik mungkin untuk mendukung Persib dari rumah. Ciptakanlah suasana yang nyaman di rumah tersebut untuk bisa menikmati siaran langsung di televisi saat Persib bertanding. Rasakanlah sensasi menonton di televisi sama seperti di stadion. Memang beda sekali, tetapi itulah yang pasti bisa dilakukan.

Oleh sebab itu, siapapun yang merasa jadi bobotoh Persib berikanlah dukungan saat Maung Bandung bertanding menghadapi lawan-lawannya. Biar jauh, tetapi dukungan itu akan terasa menembus batin para pemain Persib yang nanti bertanding hingga mereka akan bertarung habis-habisan dan tanpa kompeomi siapapun lawan yang dihadapinya.

Sinyalnya begitu kuat,  kali ini bobotoh berharap Persib tampil menjadi yang terbaik. Polesan Robert Rene Albert sebenarnya pada pertandingan awal sebelum dihentikan karena adanya virus corona ini begitu ciamik dan dua striker andalannya Geoffrey Castilion serta Wander Luiz telah menunjukkan diri sebagai predator yang berbahaya ke gawang lawan.

Tiga kemenangan awal memberi bukti jika klub asal Kota Bandung ini begitu menjanjikan. Karenanya sangat mafhum jika Persib butuh dukungan yang begitu besar dari bobotoh. Semuanya bisa berjalan secara baik, selain karena perjuangan keras dari seluruh punggawa Persib juga yang tak bisa dikesampingkan dalam hal ini adalah dukungan dari bobotoh.

Bisa jadi kali ini dukungan tidak akan terlihat, tetapi kita semua yakin para pemain akan memberikan yang terbaik bagi bobotoh. Bobotoh akan merasa gembira dan terbalaskan perjuangannya jika Persib mampu meraih prestasi seperti yang diharapkan oleh seluruh warga Kota Bandung dan juga warga di Jawa Barat.

Bobotoh selalu ada dalam perjalanan Persib dari dulu sampai sekarang. Keduanya saling terikat dari dulu. Kalau kali ini harus terpisah, biarlah itu terjadi karena sebuah keadaan yang memaksanya seperti itu.

Bon jovi pilihan realistis untuk perjalanan Persib pada kompetisi saat ini. Berat memang kenyataannya, tetapi itulah yang harus dihadapi. Berilah dukungan sepenuh hati tim kesayangan kita dan itu yang mereka butuhkan saat ini.

Tak mengenakkan dukungan yang harus diberikan secara jarak jauh tetapi tak perlu mengeluh karena tanpa kehadiran bobotoh di stadion, para pemain tahu betul bobotoh pasti mendukung secara penuh di rumah. Semoga dukungan dari bobotoh tak sia-sia dan mampu mendukung Persib menghasilkan prestasi yang terbaik di ksta tertinggi kompetisi di Indonesia.

Percayalah, kelak kita semua selaku bobotoh akan kembali bisa memberi dukungan di stadion saat Persib bertanding. Tapi kali ini dukunglah sepenuh hati dari rumah agar prestasi Persib benar-benar dapat diwujudkan dan itulah kado manis bagi bobnotoh yang mencintai Maung Bandung.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers