web analytics
  

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Mi Bakso?

Selasa, 29 September 2020 07:18 WIB M. Naufal Hafizh
Gaya Hidup - Sehat, Bolehkah Penderita Diabetes Makan Mi Bakso?, penderita diabetes makan bakso,makanan yang tidak boleh dimakan penderita diabetes,makanan baik untuk diabetes

[Ilustrasi] Bolehkah penderita diabetes makan mi bakso? (Ayobandung.com/Eneng Reni)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Bolehkah penderita diabetes makan mi bakso? Mi bakso barangkali menjadi makanan yang banyak disukai orang karena kelezatannya. Lantas, bagaimana dampaknya bagi penderita diabetes jika mengonsumsinya?

Bakso dan mi, terutama mi instan, disebut sebagai makanan tidak sehat. Keduanya mengandung karbohidrat dan lemak tinggi, rendah protein, serat, vitamin, dan mineral.

Apakah boleh penderita diabetes makan mie instan?

Menurut American Diabetes Association, dilansir dari Hellosehat, penderita diabetes masih diperbolehkan mengonsumsi mi instan dan makanan kaya karbohidrat lainnya. Namun, jika dilakukan risikonya sangat tinggi. Mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak akan membuat Anda bertambah gemuk. Hal ini, secara signifikan, akan menaikkan kadar gula darah. Diabetes pun akan semakin memburuk.

Karena itu, para penderita diabetes disarankan mengonsumsi makanan jenis ini dengan porsi sedang dan menyeimbangkan diet dengan melakukan aktivitas fisik.

Adapun, Anda bisa mengikuti tip makan sehat terbaik bagi penderita diabetes seperti dilansir Boldsky.

1. Ganti nasi dengan sayuran

Jika suka nasi goreng, bakso, dan spaghetti, maka perlu menggantinya dengan sayuran. Anda bisa mencari pilihan seperti kembang kol, nasi, mie zucchini, dan spaghetti squash. Inilah cara mengurangi jumlah karbohidrat dalam makanan Anda.

2. Tambahkan rasa lebih banyak

Anda bisa mencoba menambahkan lebih banyak rasa pada makanan agar tidak membosankan. Cobalah menambahkan ramuan segar, meremas lemon, jahe, bawang putih, atau tambahkan cabai rawit di atas makanan.

3. Jadikan protein sebagai prioritas

Mengonsumsi protein akan membantu menstabilkan kadar gula darah dan juga membuat kenyang lebih lama. Makanya, penting untuk menambahkan protein tanpa lemak ke setiap makanan. Beberapa sumber utama protein yakni kacang-kacangan, kacang-kacangan, salmon liar, ayam, dan lain-lain.

4. Mengonsumsi sayur tanpa tepung

Mengonsumsi banyak sayuran tanpa tepung akan membantu membunuh rasa lapar. Anda bisa mencari pilihan seperti sayuran hijau, paprika, mentimun, lobak, dan kacang hijau. Inilah salah satu tips makan sehat untuk diabetes.

5. Selalu ukur tempat makan

Memiliki piring makan standar berukuran 9 inchi akan mempermudah Anda.

6. Jaga camilan

Makanan ringan sangat penting bagi penderita diabetes. Bantuan ini mampu menurunkan berat badan dan mencegah kadar gula darah rendah.

7. Makan secara teratur

Berhati-hatilah untuk tidak melewatkan makan seimbang setiap 4-5 jam sepanjang hari. Ini akan membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap stabil sepanjang hari dan memberi lebih banyak energi.

8. Hindari soda dan minuman manis

Soda dan minuman manis merupakan sesuatu yang harus selalu Anda hindari. Minum minuman tanpa pemanis akan engatur kadar gula darah Anda.

9. Hindari gula tambahan

Ada beberapa jenis gula tambahan seperti sirup jagung fruktosa tinggi, sirup maple, fruktosa, dan sebagainya.

10. Tetap terhidrasi

Minum air secukupnya akan membantu menjaga kadar gula darah normal. Tetap terhidrasi juga akan membantu Anda merasa kenyang berjam-jam.

11. Hati-hati dengan ukuran porsi makan

Ukur porsi Anda sebelum makan, yang akan membantu waspada dan membuat lebih sadar akan makanan yang dimakan.

12. Memasak makanan

Anda bisa mencari pilihan seperti memanggang, memasak, memanggang, dan mengukus. Metode ini juga dikenal untuk meningkatkan rasa alami dari makanan.

13. Mempersiapkan makanan dengan perencanaan

Merencanakan apa yang akan Anda makan membantu tetap berpegang pada pola makan yang lebih sehat. Penting untuk mengetahui sumber karbohidrat dalam makanan Anda, sehingga insulin akan bekerja dengan baik.

14. Gunakan makanan beku

Untuk menghemat waktu memasak, Anda bisa membeli makanan beku atau makanan yang telah dicuci dari toko.

15. Selalu menyimpan makanan di lemari es

Disarankan untuk menyetok makanan di lemari es dengan makanan sehat sepanjang waktu.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers