web analytics
  

Jadwal Liga 1 Berubah, Persib Tak Merasa Diuntungkan

Senin, 28 September 2020 19:20 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Jadwal Liga 1 Berubah, Persib Tak Merasa Diuntungkan, Persib Bandung,Pelatih Persib Bandung Robert Alberts,Persib vs Madura United,Jadwal Liga 1 Berubah

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (Irfan Al-Faritsi)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts terkejut dengan perubahan jadwal tiba-tIba yang dilakukan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Robert mengaku, tak tahu alasan pasti kenapa operator kompetisi itu mengubah jadwal pertandingan pekan ke-4 Liga 1 2020 antara Persib vs Madura United di Stadion Gelora Pamelingan, Pamekasan, Minggu (4/9/2020).

Dalam perubahan itu, LIB mengganti lawan Persib dari Madura United menjadi PSM Makassar dan akan bertanding di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta, pada Minggu (4/10/2020).

"Apa yang harus saya katakan soal perubahan jadwal. Kami menerima dan saya harus menunggu manajemen untuk memberikan alasan kenapa mereka (LIB) mengubah ini," kata Robert, Minggu (27/9/2020).

Pelatih asal Belanda ini mengakui, perubahan jadwal tersebut sangat berpengaruh kepada persiapan timnya. Selama ini Persib telah menyiapkan diri hampir dua bulan untuk menghadapi laga perdana tersebut khususnya untuk menghadapi Madura United. Namun kini, Persib harus mengubah rencana perjalanan dan akomodasi karena tim akan pergi ke Bantul.

"Saya tidak tahu, karena ini mempengaruhi kami, ini sangat berdampak pada kami. Saya menunggu kabar resmi dari pihak manajemen kenapa mereka mengubah ini," katanya.

Sedianya, Robert menyampaikan, pihaknya telah telah meminta perubahan jadwal untuk pertandingan kontra Barito Putera, 10 Oktober nanti. Dia berharap pertandingan tersebut bisa digelar dua hari lebih cepat atau pada 8 Oktober agar timnya tak terlalu lama di luar kota.

Dari laga pekan keempat, Persib memiliki jeda waktu sekitar 6 hari setelah laga kontra Madura United. Hal itu membuat Robert cukup khawatir para pemainnya mengalami kejenuhan. Robert juga menilai pengajuan perubahan jadwal itu membuat jadwal jadi lebih logis dalam hal perjalanan. Namun selama ini, Robert mengatakan tak ada tanggapan apapun terkait pengajuan tersebut.

"Lalu mereka melakukan perubahan, kami masih menunggu apa alasannya, karena bukan perubahan ini yang kami minta. Tidak ada yang bisa kami lakukan dengan keputusan itu," katanya.

Dengan perubahan ini, Persib sedianya cukup diuntungkan karena perjalanan ke Bantul lebih dekat daripada ke Pamekasan, Madura. Skuat Maung Bandung bisa lebih dulu menetap di Yogyakarta usai laga melawan PSM Makassar. Setelah menunggu enam hari mereka bakal menghadapi Barito Putera di pekan ke-5 di Stadion Maguwoharjo, Sleman. 

Namun, Robert menilai perubahan jadwal ini tak memiliki keuntungan apapun bagi Persib. Dia justru menilai rencananya jadi berantakan dengan perubahan dadakan tersebut.

"Tidak peduli di mana kami memainkan laga pertama, ini bukan keuntungan. Perjalanan juga sama-sama jauh jadi bukan satu keuntungan di mana kami akan bermain. Tapi kini masih harus menjadwal ulang beberapa hal, kami sudah memesan hotel dan kami juga harus menjadwal ulang hal lain," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers