web analytics
  

Mencicip Ayam Tangkap, Menu Kaya Rempah Khas Aceh di Sambara

Senin, 28 September 2020 17:09 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gaya Hidup - Kuliner, Mencicip Ayam Tangkap, Menu Kaya Rempah Khas Aceh di Sambara, Ayam tangkap Aceh,Ayam tangkap Bandung,Ayam goreng enak Bandung,Kuliner Bandung,Sajian Sambara

Menu ayam tangkap khas Aceh yang ada di Sajian Sambara. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Bicara soal Kota Bandung, wisata kuliner selalu masuk dalam daftar pilihan utama untuk berburu makanan favorit khas Indonesia. Dari menu Sabang sampai Merauke, kota Kembang tak pernah kehilangan ide untuk selalu menghadirkan menu-menu menarik mana otentik.

Salah satu restoran keluarga yang menjadi favorit di Bandung adalah Sajian Sambara. Selain terletak di pusat kota tepatnya di Jalan Trunojoyo No 64, restoran Sambara selalu mengangkat menu khas Indonesia. Tak hanya menyajikan sajian menu khas Sunda, kali ini Sambara mengangkat menu Ayam Tangkep.

Chef Sambara, Sandani mengatakan alasan diangkatnya menu ini lantaran Sambara ingin konsisten melestarikan budaya kuliner nusantara dengan citra rasa khas warisan kuliner nenek moyang yang lambat laun mulai punah. 

"Berawal dari makanan tradisional dari pulau Jawa sekarang komitmen tersebut terus berkembang. Restoran Sambara mulai mengangkat makanan tradisional unik khas masyarakat tanah rencong," kata Sandani saat ditemui di Restoran Sambara belum lama ini.

Sandani menyampaikan, makanan unik khas masyarakat tanah rencong yang diperkenalkan kali ini adalah menu Ayam Tangkep. 

Pasti semua pecinta kuliner nusantara sudah tidak asing dengan makanan khas tanah rencong ini. Masakan berbahan utama ayam kampung dengan ciri masakan yang kuat akan rempah-rempah tradisional khas Aceh. 

Nama kuliner ini disebut dengan Ayam Tangkep karena, konon, kebiasaan masyarakat Aceh ketika memasak ayam mereka harus menangkap ayam tersebut terlebih dahulu di pekarangan mereka. Ciri khas dari menu ayam tangkap ini pun terlihat dari segi pengolahan dan penyajiannya. 

"Dalam pengolahannya, ayam yang sudah dipotong dilumuri bumbu-bumbu rempah seperti cabe-cabean, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, asam jawa, ketumbar, kemiri, lengkuas, sirih, rajahan daun temurui dari aceh dan dauh pandan," kata Sandani.

Sandani juga menyampaikan, setelah dilumur bumbu dan dibungkus dengan daun-daun pilihan, ayam yang sudah dibumbu dibiarkan semalaman agar bumbu meresap. 

Dalam penyajiannya menu ayam tangkap ini tak kalah menarik. Disajikan secara hangat, ayam akan dilengkapi dengan rajangan daun temurui yang renyah dan disajikan dengan sambal combrang.

Sensasi hangat, pedas, asam, dan gurih dari sambal combrang, serta ditemani tumisan kangkung, dan nasi hangat,  dijamin membuat selera makan kian bertambah.

sandani juga menyampaikan banyak manfaat dari menu ayam tangkep ini. Salah satunya meningkatkan imunitas tubuh karena manfaat dari banyaknya rempah-rempah.

"Kandungan pedas dari cabenya juga dapat menurunkan kadar stress. Dan karena menu ayam tangkep ini adalah ayam kampung jadi rendah kolesterol," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers