web analytics
  

Japaren, Kopaja, Cikole, Wedang Kenku si Peningkat Imun

Senin, 28 September 2020 18:21 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gaya Hidup - Kuliner, Japaren, Kopaja, Cikole, Wedang Kenku si Peningkat Imun, minuman herbal,Manfaat Rempah-rempah,Obat corona,obat covid-19

Minuman herbal japaren, kopaja, cikole, dan wedang kenku. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM  -- Di masa pandemi Covid-19, minuman  yang bisa meningkatkan imunitas tubuh kian dicari. Apalagi minuman berbahan dasar herbal menjadi salah satu olahan minuman tradisional yang ampuh untuk menjaga daya tubuh dari penularan segala virus.

Dengan kekayaan rempahnya, Indonesia diberkahi dengan kehadiran minuman herbal yang disebut Jamu. Warisan nenek moyang yang berasal dari Jawa itu kian digandrungi sebagai bagian dari gaya hidup baru bagi masyarakat saat ini. 

Selain menghangatkan tubuh, minuman herbal warisan asli Indonesia ini juga punya banyak khasiat kesehatan. Meski begitu, buat kamu yang malas meracik sendiri, bisa menyambangi Restoran Sambara yang berlokasi di Jalan Trunojoyo nomor 64, Kota Bandung.

Di sela menyantap sajian menu utama, kamu bisa menjajal berbagai minuman tradisional yang diracik dari rempah  khas Indonesia.

Supervisor Restoran Sambara, Iman Warsita menyampaikan, restoran Sambara memperkenalkan varian minuman herbal terbaru. Minuman itu antara lain, Japaren, Kopaja, Cikole, dan Wedang Kenku.

"Idenya kita angkat dari minuman tradisional mba Ayu Jamu, atau mba jamu gendong. Cuman kita kombinasikan dengan menu dan bahan baku yang sedikit up biar gak terlalu medok di Jawa," kata Iman saat ditemui belum lama ini.

Iman mengatakan, keempat minuman herbal ini merupakan racikan jahe yang dipadukan dengan beragam herbal lain yang berkhasiat kesehatan dan menjaga data tahan tubuh.

"Dalam kondisi tanggap covid ini, saya meluncurkan menu yang berhubungan dengan jahe, karena jahe ini untuk menjaga daya tahan tubuh dan staminanya bagus. Semua minuman herbal ini merupakan komposisi jahe," katanya.

Iman menceritakan seperti halnya meracik jamu tradisional, membuat wedang jahe ini juga menggunakan beberapa tanaman herbal khas Indonesia. Sebut saja Japaren yang merupakan kombinasi jahe putih, gula aren, dan pandan. 

"Ada juga Kopaja, yakni minuman herbal dengan kombinasi kopi, pandan, jahe putih. Ada juga Cikole yakni lemon yang diracik dengan kopi Indonesia dan gula aren," katanya.

Tak kalah menyehatkan, ada juga Wedang Kenku yang merupakan perpaduan kencur, kunyit, jahe dan gula aren.

"Wedang Kenku ini sangat cocok untuk semua umur terutama anak-anak, karena kombinasi kencur, kunyit, jahe putih, dan gula aren bisa meningkatkan nafsu makan anak," katanya.

Iman mengatakan, proses pengolahan minuman herbal ini diramu menjadi halus dan direbus hingga mendidih. Soal rasa, minuman ini terasa eksotis di lidah dan tentunya menyehatkan.

"keempat minuman ini baru bisa dinikmati dalam versi hangat. Kedepan kita akan sajikan dalam versi hot dan ice. Harganya pernah gelar bervariasi mulai Rp18.000 sampai Rp22.000," ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers