web analytics
  

Hasil Survei: Ini 3 Alasan Seseorang Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Senin, 28 September 2020 18:13 WIB Khoirur Rozi
Umum - Nasional, Hasil Survei: Ini 3 Alasan Seseorang Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Survei BPS,Alasan Tak Patuhi Protokol Kesehatan,Pandemi Covid-19

Petugas memberhentikan pengendara yang tidak mengenakan masker di Jalan Soekarno-Hatta, Cibiru, Kota Bandung, Senin (28/9/2020). Operasi tersebut digelar guna menegakan disiplin bagi pengendara agar menerapkan protokol kesehatan saat berkendara di tengah pandemi Covid-19. (Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto mengungkapkan tiga alasan utama masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan. Ketiga hal ini berdasarkan hasil survei nasional tentang perilaku masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Kecuk mengatakan, alasan terbanyak untuk tidak mematuhi protokol kesehatan adalah tidak adanya sanksi tegas. Dari 90.967 responden, 55 persen di antaranya beralasan demikian.

"Mengenai alasan tidak menerapkan protokol kesehatan ada tiga hal. Pertama, 55 persen responden berpendapat tidak ada sanksi," kata Kecuk saat telekonferensi pers dari Graha BNPB, Senin (28/9/2020).

Kemudian, lanjut kecuk, 39 persen responden beralasan tidak adanya kasus positif Covid-19 di lingkungan mereka. Dengan begitu, maka protokol kesehatan tidak perlu diterapkan.

"Sementara, 33 persen responden beralasan pekerjaan menjadi sulit jika harus menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Survei ini berlangsung sejak 7-14 September 2020 diikuti 90.967 responden yang terdiri dari 55 persen perempuan dan 45 persen laki-laki. Adapun tujuan survei ini adalah untuk pengambilan kebijakan berbasis data terkait pandemi Covid-19.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers