web analytics
  

5 Sentra Industri yang Jadi Surga Belanja di Bandung

Senin, 28 September 2020 16:02 WIB Fira Nursyabani
Gaya Hidup - Fashion, 5 Sentra Industri yang Jadi Surga Belanja di Bandung, Sentra Kaos Suci Bandung,Sentra sepatu Cibaduyut,Sentra rajut Binong,Sentra kain Cigondewah,Jual Kain Bandung,Sentra Jeans Gang Tamim

Penjual jeans di Gang Tamim (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Siapa tak kenal sepatu Cibaduyut? Rasanya belum ke Bandung kalau belum beli sepatu dari sentra industri ini.

Namun belum banyak yang tahu ternyata Kota Bandung memiliki banyak sentra industri yang produksinya dipasarkan ke seluruh Indonesia hingga luar negeri.

Berikut ulasan Ayobandung.com mengenai sentra-sentra industri yang ada di Bandung, mulai dari kain sampai rajut.

1. Sentra sepatu di Cibaduyut

Melancong ke Kota Bandung belum lengkap rasanya jika tidak mampir ke sentra sepatu terbesar di Bandung yakni Cibaduyut. Di sini, pembeli bisa mendapatkan sepatu dengan harga sangat miring.

Disarikan dari buku 'Wisata Parijs van Java' karya Her Suganda, sentra industri sepatu Cibaduyut sudah ada sejak 1920. Pada awalnya, para perajin di sana bekerja di toko-toko sepatu milik orang Tionghoa, namun mereka kemudian memutuskan untuk membuka usaha sendiri.

Sentra sepatu Cibaduyut (dok. Nisa, pedagang sepatu)

Seiring dengan berjalannya waktu, sentra industri Cibaduyut tidak hanya menyediakan sepatu, tetapi juga tas, kaos, dan ikat pinggang. Sentra ini terletak di dekat Terminal Leuwipanjang dan mudah diakses melalui tol Pasir Koja, tol Kopo, tol Moh Toha, dan juga tol Buahbatu.

 

2. Sentra kain di Cigondewah

Sentra kain yang terletak di Jalan Cigondewah, Kecamatan Bandung Kulon, ini menjual beragam jenis kain, mulai dari katun, satin, jeans, brukat, dan lainnya. Harga yang ditawarkan tentu sangat murah dan kain di sini dijual per kilogram.

Ada tiga klasifikasi penjualan di sentra kain ini. Kain untuk kaos di Cigondewah Kaler, kain untuk jaket di Cigondewah Rahayu, dan kain untuk bahan jadi di Cigondewah Kidul.

 

3. Sentra rajutan di Binong

Meski letaknya di dalam jalan sempit, sentra rajutan Binong cukup terkenal karena produksinya dijual ke sejumlah daerah di Indonesia. Di sini ada ratusan unit usaha dengan ribuan karyawan yang bisa memproduksi rajut hingga 2.500 lusin per hari.

Sentra rajut Binong (dok. Ayobandung.com)

Sentra ini berada di Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal. Perajin di sini sudah memproduksi rajut sejak 1965 dan pernah mencapai masa kejayaan pada 1980-an.

 

4. Sentra jeans di Gang Tamim

Gang Tamim sudah menjadi Sentra jeans di Kota Bandung sejak 1960-an. Sentra ini berawal dari kesuksesan seorang pengusaha bernama Haji Tamim yang menghibahkan asetnya untuk dipakai warga sekitar berdagang.

Penjual jeans di Gang Tamim. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

Sentra jeans Gang Tamim memang terletak di belakang Pasar Baru Bandung. Beragam jenis bahan denim dijual di gang kecil ini, seperti naomi, blue indigo, dan washed.

Di sini pun banyak tersedia tukang jahit sehingga pembeli bisa langsung menjahit pakaiannya di tempat. Harga dan kualitas kain di Gang Tamin bisa bersaing dengan produk impor.

 

5. Sentra kaos di Suci

Ratusan penjual kaos dan unit usaha penyablonan berjejer di sepanjang Jalan Surapati dan Jalan PHH Mustofa atau yang dikenal dengan kawasan Suci. Sentra ini menjadi primadona bagi pencari kaos-kaos partai besar, terutama menjelang pemilu.

Pemilik Duta 129 T-shirt & sign di Suci, Nur Fadilah. (Ayobandung.com/Arditya Pramono)

Pelanggannya tak hanya dari Bandung, tetapi juga dari luar daerah, karena sentra kaos Suci sudah terjamin kualitasnya. Letaknya pun strategis, tak jauh dari landmark Kota Bandung yaitu Gedung Sate.

Di masa pandemi ini, pembeli tentunya harus selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Dengan demikian, mata rantai penyebaran Covid-19 bisa terputus dan sentra-sentra industri kota Bandung bisa menggeliat kembali.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers