web analytics
  

Jalan Ditutup-Buka, Pedagang Pasar Baru dan PKL Unjuk Rasa

Senin, 28 September 2020 11:55 WIB Fichri Hakiim
Bandung Raya - Bandung, Jalan Ditutup-Buka, Pedagang Pasar Baru dan PKL Unjuk Rasa, Demo Pedagang Pasar Baru,Penutupan Jalan Pasar Baru,Penutupan Jalan Otista

Sejumlah pedagang Pasar Baru berunjuk rasa di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista), Senin (28/9/2020), sekira pukul 09.30 WIB. Para pedagang protes sebagai dampak dibuka-tutupnya ruas Jalan Otista, Kota Bandung. Para pedagang pun berharap Pemerintah Kota Bandung meninjau ulang penutupan jalan tersebut. (Istimewa)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah pedagang Pasar Baru berunjuk rasa di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista), Senin (28/9/2020), sekira pukul 09.30 WIB. Para pedagang protes sebagai dampak dibuka-tutupnya ruas Jalan Otista, Kota Bandung. Para pedagang pun berharap Pemerintah Kota Bandung meninjau ulang penutupan jalan tersebut.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B) Iwan Suhermawan mengatakan, aksi tersebut dilakukan oleh para pedagang yang merasa kecewa dengan kebijakan pemerintah.

"Itu sebetulnya aksi di luar kontrol HP2B, tapi saya juga tidak bisa melarang dan mencegah. Ini adalah keinginan para pedagang untuk melakukan aksi penolakan dan penutupan Jalan Otista yang menurut mereka sangat memberatkan, efeknya kepada pedagang Pasar Baru dan sekitarnya," ujarnya.

Selain pedagang Pasar Baru, Pedangan Kaki Lima (PKL) di sekitar Pasar Baru pun ikut melakukan unjuk rasa.

"Lagi pula itu kan bukan hanya pedagang Pasar Baru, tapi ada juga PKL sekitar (melakukan unjuk rasa), memang mereka juga mengalami kerugian luar biasa akibat Jalan Otista ditutup," jelas Iwan.

Iwan mengatakan, telah memberikan surat keberatan penutupan jalan Ke Tim Gugus Tugas Kota Bandung.

"Iya spontan, karena kita juga sama himpunan pedagang juga, kan dengan caranya sendiri, dengan cara konstitusional dengan mengirimkan surat secara formal ke PD Pasar, lalu ke Dewan agar aspirasi kita didengar. Tapi kan sampai saat ini Pemerintah Kota Bandung sendiri belum merespon surat-surat nota protes dari kita,"

Sebelumnya, beberapa ruas jalan di Kota Bandung telah diberlakukan sistem buka tutup sejak Jumat (18/9/2020), upaya penutupan jalan tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Daftar ruas jalan di Kota Bandung yang ditutup

Menurut informasi resmi dari Humas Setda Kota Bandung, buka-tutup jalan dilakukan

  1. Mulai Simpang Otista - Suniaraja s/d Otista - Asia Afrika;
  2. Mulai dari Simpang Asia Afrika - Tamblong s/d Asia Afrika - Cikapundung Barat;
  3. Mulai dari Purnawarman - Riau s/d Purnawarman – Wastukencana;
  4. Mulai dari Merdeka - Riau s/d Merdeka – Aceh;
  5. Mulai dari Merdeka - Aceh s/d Merdeka – Jawa.

Waktu penutupan jalan

Waktu penutupan jalan dilakukan 3 kali sehari. Pertama, pukul 09.00 WIB-11.00 WIB, dilanjutkan pukul 14.00 WIB-16.00 WIB, kemudian pukul 21.00-06.00 WIB.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers