web analytics
  

Jangan Sepelakan 5 Penyebab Mr P Bau, Bisa Membahayakan!

Senin, 28 September 2020 05:22 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Jangan Sepelakan 5 Penyebab Mr P Bau, Bisa Membahayakan!, Penis,Vagina,kesehatan alat reporduksi,kesehatan penis,penis bau,selangkangan bau,Insfeksi Menular Seksual (IMS),Seksual,kesehatan seksual

[Ilustrasi] Tak hanya organ intim wanita, penis lelaki juga bisa sangat bau jika tidak dirawat dengan baik. Bahkan dalam beberapa kasus, penis dapat berbau menyengat. Lantas, apa penyebabnya penis menjadi bau? (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Tak hanya organ intim wanita, penis lelaki juga bisa sangat bau jika tidak dirawat dengan baik. Bahkan dalam beberapa kasus, penis dapat berbau menyengat. Lantas, apa penyebabnya penis menjadi bau?

Mr P bau bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan seksual yang serius. Melansir Medical News Today, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan Mr P bau, antara lain.

1. Smegma

Smegma merupakan akumulasi dari sel kulit mati dan minyak alami yang membuat organ intim tetap lembap. Jika pria tidak membersihkan Mr P secara teratur, smegma dapat menumpuk dan menghasilkan zat putih yang kental.

Penumpukan ini lebih sering terjadi pada organ intim yang tidak disunat karena terbentuk di sekitar kepala Mr P.

Selain menyebabkan bau tak sedap, smegma dapat menyebabkan kemerahan atau iritasi, mencegah kulup bergerak dengan mudah ketika organ intim ereksi dan meningkatkan risiko infeksi bakteri.

2. Balanitis

Balanitis adalah iritasi kulit pada ujung organ intim. Beberapa penyebab utama dari kondisi ini adalah kebersihan yang buruk, infeksi, kondisi kulit (seperti psoriasis) serta reaksi alergi dari obat, sabun atau pun kondom.

3. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Dalam beberapa kasus IMS dapat menyebabkan Mr P berbau. Dua kondisi IMS yang kemungkinan menyebabkan organ intim pria bau adalah klamidia dan gonore.

4. Uretritis non-gonokokal (NGU)

NGU adalah radang uretra, tabung yang menghubungkan ujung Mr P ke kandung kemih. Dalam kebanyakan kasus, radang uretra disebabkan oleh IMS, seperti klamidia. Namun, dalam kasus NGU, penyebab pembengkakan tidak diketahui.

5. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri terjadi ketika banyak jamur Candida di Mr P. Selain bau tak sedap, gejala dari infeksi ini seperti sensasi terbakar atau gatal, iritasi serta kemerahan, zat putih hingga kelembapan yang tidak biasa pada organ intim.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers