web analytics
  

Vitamin C hingga Teh Ternyata Tidak Tingkatkan Kekebalan Tubuh?

Senin, 28 September 2020 05:20 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Vitamin C hingga Teh Ternyata Tidak Tingkatkan Kekebalan Tubuh?, Vitamin C,Teh,Kekebalan Tubun,Virus Corona,cara meningkatkan kekebalan tubuh

[Ilustrasi] Kekebalan tubuh, selama ini masih keliru dipahami. Bahkan vitamin C hingga teh dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara tunggal. Padahal faktanya tidak. (Pixabay/Ulrike Leone)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kekebalan tubuh, selama ini masih keliru dipahami. Bahkan vitamin C hingga teh dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara tunggal.

"Tidak ada obat khusus atau pun vitamin tunggal yang telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan seseorang," kata dr Robert Mordkin MD, kepala petugas medis untuk perusahaan pengujian LetsGetChecked pada Bustle.

Melansir dari Bustle, berikut beberapa nutrisi yang sebelumnya disebut meningkatkan kekebalan tubuh, namun begini faktanya.

1. Vitamin C

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutrients pada tahun 2017 mencatat bahwa vitamin C membantu membunuh mikroba hingga membersihkan sel kekebalan yang telah terpakai. Namun, mengonsumsi vitamin C dosis tinggi tidak memiliki keuntungan signifikan saat terkena flu.

Menurut para peneliti, mengonsumsi vitamin C secara teratur dengan dosis normal lebih bermanfaat daripada mengonsumsi banyak dalam sekali waktu.

2. Mulitivitamin

Multivitamin atau kandungan berbagai vitamin memang bermanfaat. Namun, Harvard Health menyatakan, multivitamin tidak memberikan perbedaan signifikan pada kekebalan tubuh, kecuali jika Anda mengalami kekurangan gizi.

3. Minum Teh

Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2011 di Immunology Letters menemukan, polifenol yang ditemukan dalam teh hijau dapat membantu sel-T pada tikus, tetapi tidak jelas apakah hasil ini juga berlaku pada manusia.

“Tidak perlu membeli minuman mahal yang berlabel penambah kekebalan, air biasa lebih baik" kata Christina Belitsky M.S. RPA-C kepada Bustle.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers