web analytics
  

Turunkan Risiko Serangan Jantung dengan Renang, Jalan, dan Menari

Minggu, 27 September 2020 11:24 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Gaya Hidup - Sehat, Turunkan Risiko Serangan Jantung dengan Renang, Jalan, dan Menari, Kesehatan,jantung

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menjaga kondisi tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat sangat dianjurkan untuk menurunkan berbagai risiko penyakit termasuk serangan jantung.

Melansir Himedik, dalam hal ini aerobik disebut bisa menurunkan risiko serangan jantung.

Risiko serangan jantung pada umumnya bisa diturunkan dengan pola hidup sehat. Dalam hal ini, aktivitas fisik seperti olahraga cukup disarankan. 

"Berolahraga secara teratur mengurangi risiko terkena serangan jantung," catat National Health Service Inggris (NHS).

Melansir dari Express, serangan jantung muncul ketika kurangnya darah yang mencapai jantung. Kurangnya aliran darah ke jantung ini yang bisa memicu kerusakan jantung.

Beberapa olahraga yang disarankan NHS untuk menurunkan risiko serangan jantung adalah berjalan, berenang, dan menari. "Itu adalah latihan aerobik yang membuat jantung Anda berdetak lebih cepat, sangat penting untuk menjaga jantung tetap kuat," catat NHS.

"Jantung yang kuat dapat memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh Anda, tanpa harus berusaha kerasa," tambah mereka.

Berolahraga pada umumnya meningkatkan efisiensi sistem peredaran darah, sekaligus menurunkan kolesterol. Idealnya orang harus berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggu.

Serangan jantung sendiri juga bisa menjadi gejala penyakit jantung koroner. Kondisi ini terjadi ketika timbunan lemak menumpuk di arteri dan membatasi jumlah darah yang mencapai jantung.

"Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner, seperti menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol," kata NHS.

NHS menekankan, untuk melindungi jantung, Anda harus mencoba menggabungkan olahraga aerobik dengan olahraga beban.

Perlu dicatat, selain berolahraga, pola hidup lain seperti mengonsumsi makan sehat juga bisa meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa makanan sehat yang disarankan adalah telur, buah berry, hingga bayam. Namun, Anda juga disarankan untuk menghindari daging merah dan olahan untuk menjaga kesehatan jantung.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers