web analytics
  

Ajaib! Indonesia Raya Bisa Dinyanyikan Uang Rp75 Ribu

Minggu, 27 September 2020 10:57 WIB
Umum - Nasional, Ajaib! Indonesia Raya Bisa Dinyanyikan Uang Rp75 Ribu, Uang Rp75.000,Lagu Indonesia Raya

Uang Rp75 Ribu (Bank Indonesia)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Bank Indonesia belum lama ini mengeluarkan uang Rp75 ribu yang menyertai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Dilansir Republika, belakangan viral video yang menunjukkan uang baru ini bisa mengeluarkan suara saat dipindai sebuah aplikasi. Dalam aplikasi, uang yang dipindai bagian kode QR dapat mengeluarkan lagu Indonesia Raya.  

Indra Permadi, salah satu pegawai bank swasta asal Bogor mencoba mempraktikkan pemindaian kode QR dalam pecahan uang baru yang dikeluarkan secara terbatas oleh Bank Indonesia (BI) itu. "Ternyata bisa gini lho," ujarnya saat mempraktikkan simulasi tersebut melalui aplikasi Ivive yang dapat diunduh lewat iPhone, akhir pekan ini.

Indra mengaku mengetahui cara tersebut melalui seorang teman, bukan dari video yang viral. Menurutnya, pindaian yang dilakukan melalui aplikasi kemungkinan dari pendeteksian gambar. Meski bisa dicoba di objek lain selain uang, tapi tergantung barang tersebut dilengkapi teknologi pendukung atau tidak untuk dideteksi aplikasi.

"Sekarang juga banyak yang jual uang tersebut dengan harga mahal di e-commerce," katanya.

Terkait itu, Bank Indonesia (BI) menyatakan pemindaian tekonologi Augmented Reality (AR) bisa terjadi dan diterapkan pada berbagai objek apapun tidak hanya uang. Meski begitu, BI tidak menerapkan konten AR di pecahan uang manapun.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan tidak merusak rupiah yang diedarkan BI.

Menurut situs resmi BI, penerbitan uang pecahan Rp 75.000 di 2020 itu merupakan wujud syukur dan berbagi kebahagiaan kepada rakyat Indonesia. Dicetak hanya 75 juta lembar, uang dikeluarkan sebagai peringatan kemerdekaan 75 tahun RI. Untuk mendapatkannya, masyarakat juga bisa mengakses situs BI dengan menyertakan data KTP.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers