web analytics
  

Disiplin Berprotokol Kesehatan Sama Seperti Pahlawan Kemanusiaan

Minggu, 27 September 2020 06:05 WIB
Umum - Nasional, Disiplin Berprotokol Kesehatan Sama Seperti Pahlawan Kemanusiaan, protokol kesehatan covid-19,Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Kepala BNPB Doni Monardo di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (6/8/2020). (Dok Humas Pemprov Jabar)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, patuh menjalankan protokol kesehatan selain berfungsi untuk melindungi diri, juga untuk melindungi orang lain.

Demikian yang membuat masyarakat yang patuh akan hal itu sudah seperti pahlawan kemanusiaan.

"Ketika kita bisa saling melindungi satu sama lainnya, sesungguhnya kita telah menjadi bagian dari pahlawan-pahlawan kemanusiaan," kata Doni secara virtual dalam acara Ubah Perilaku Cegah Covid-19 di salah satu stasiun televisi, Jakarta, Sabtu (26/9/2020).

Ia mengatakan, memakai masker merupakan kebiasaan yang sangat penting untuk diterapkan di tengah pandemi Covid-19.

Dengan menggunakan masker, kata dia, berarti masyarakat telah dapat melindungi diri sendiri. Ketika masyarakat telah bisa melindungi diri sendiri, mereka juga dapat sekaligus melindungi orang lain dari kemungkinan paparan yang dapat ditularkan jika tidak memakai masker.

Doni mengajak masyarakat untuk berupaya sekeras mungkin menerapkan protokol kesehatan, yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta sering mencuci tangan dengan sabun.

Dengan mematuhi protokol tersebut berarti masyarakat juga telah membantu para tenaga medis.

"Apa yang kita lakukan untuk menerapkan  protokol kesehatan itu belum sebanding dengan pengorbanan para dokter yang berjuang untuk melayani pasien di rumah sakit," katanya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers