web analytics
  

Temu Alumni Fikom Unpad 2020, Meniti Waktu dalam 6 Dekade

Minggu, 27 September 2020 05:42 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Pendidikan,  Temu Alumni Fikom Unpad 2020, Meniti Waktu dalam 6 Dekade, Alumni Fikom Unpad,Fikom Unpad,Universitas Padjajaran (Unpad)

Penampilan virtual band Changcuters dalam Temu Alumni Fikom Unpad 2020. (ayobandung/Nur Khansa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) menggelar acara temu alumni seluruh angkatan bertajuk "Nyaba Titimangsa" secara daring, Sabtu (26/9/2020).

Acara yang merupakan bagian dari Dies Natalis ke-60 Fikom Unpad tersebut menghadirkan rangkaian momen nostalgia yang dikemas secara apik.

Mengusung tema "Harmoni Mewujudkan Keunggulan", acara temu alumni ini dibuat tak sekedar menjadi ajang melepas rindu, namun juga momen saling berbagi ilmu dan pengalaman. Terutama di masa pandemi Covid-19, dimana bencana global tersebut banyak merubah kebiasaan masyarakat dalam berkomunikasi.

Oleh karenanya, Ketua Ikatan Alumni Fikom Unpad Petty S. Fatimah mengimbau agar para alumni dapat senantiasa menjalin silaturahmi dengan kampus, dosen dan para mahasiswa. Sehingga, sinergi ilmu dari dunia praktis dan keilmuan dapat terus terjadi.

"Saya imbau teman-teman untuk menyempatkan diri datan ke kampus dan berbagi pengalaman ke adik-adik yang tengah mengasah ilmu, juga bertukar wawasan dengan para dosen tercinta," ungkapnya.

"Sehingga ada hubungan erat antara dunia praktis dan dunia kampus untuk kemajuan Fikom Unpad," jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan Dekan Fikom Unpad Dadang Rahmat Hidayat. Ia berharap acara temu alumni tersebut dapat berlanjut menjadi kolaborasi berkesinambungan sebagai salah satu perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi.

"Oleh karena itu kita harus membuat perencanaan yang bisa diimplementasikan dalam konteks Tri Dharma perguruan tinggi, dari pendidikan, riset dan publikasinya serta pengabdian masyarakat," ungkapnya.

Ia menyebutkan, peran sentral alumni juga sangat dibutuhkan untuk mendorong Unpad meraih cita-citanya saat ini. Yakni menjadi 500 universitas terbaik dunia di 2024.

"Fikom Unpad harus bisa mendorong dan memperkuat Unpad sehingga dapat mencapai 500 perguruan tinggi terbaik dunia di 2024. Peran alumni sangat sentral dalam hal tersebut," ungkapnya.

Ajang Reuni dan Berbagi
Acara yang dimulai sejak pukul 19.00 hingga sekitar pukul 22.00 tersebut dihadiri oleh ratusan alumni yang terhubung via aplikasi Zoom maupun live streaming YouTube. Selama acara berlangsung, para alumni maupun mahasiswa saling temu kangen dan berbincang di kolom komentar.

Selepas sambutan, acara dibuka dengan pemaparan cerita mengenai dekan-dekan Fikom Unpad terdahulu, sejak era dekan pertama yakni Mayjen Moestopo hingga dekan-dekan selanjutnya. Setelah itu, terdapat sesi berbagi kisah dari para alumni masing-masing dekade, mulai dari dekade 60'an hingga 2000-an.

Para alumni yang kini telah tersebar di berbagai belahan benua tersebut saling bercerita dengan konsep obrolan santai. Mulai dari pengalaman masing-masing meniti ilmu di Fikom Unpad serta pengalaman kerja di aneka media hingga konsultan komunikasi di dalam maupun luar negeri.

Rangkaian acara tersebut juga diselingi oleh penampilan teater komedi hingga suguhan musik dari sejumlah band jebolan Fikom Unpad. Sebut saja The Panturas, Hooman, Well Whale, Bahaya Laten Komunikasi, Bottlesmoker hingga The Changcuters yang sekaligus menjadi suguhan penutup di penghujung acara.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers